SOLOPOS.COM - Ilustrasi kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo. (walisongo.ac.id)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 2.321 calon mahasiswa baru dinyatakan lolos atau diterima sebagai mahasiswa baru UIN Walisongo Semarang melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2023.

Nama-nama 2.321 calon mahasiswa baru UIN Walisongo itu diumumkan pada Senin (3/4/2023). Mereka pun diminta untuk segera melakukan registrasi atau pendaftaran ulang sebagai syarat diterima sebagai mahasiswa UIN Walisongo Semarang.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Kami sampaikan selamat kepada yang lulus. Segeralah melakukan registrasi ke kampus maasing-maasing dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang ada di UIN Walisongo Semarang. Beasiswa itu di antaranya Kartu Indonesia Pintar [KIP], Beasiswa Indonesia Bangkit [BIB] yang bekerja sama dengan LPDP, Beasiswa Baznas, dan lain-lain,” ujar Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof Imam Taufiq, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/4/2023).

Jumlah pendaftar mahasiswa baru di UIN Walisongo Semarang melalui jalur SPAN PTKIN 2023 mencapai 40.080 orang. Jumlah ini tergolong banyak dan menempatkan UIN Walisongos sebagai perguruan tinggi keagamaan Islam negeri keempat yang paling diminati di Indonesia.

Sementara itu, untuk mengetahui hasil lengkap SPAN PTKIN UIN Walisongo 2023 dapat diakses melalui laman https://span.ptkin.ac.id/, dengan cara memasukan nomor pendaftaran.

Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lolos seleksi diharapkan untuk mengisi data diri secara online pada tanggal 4-12 April 2023. Selain itu, calon mahasiswa baru juga diminta melakukan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) pada 28 April hingga 12 Mei 2023. Selain itu mahasiswa yang dinyatakan lulus mengisi data diri di halaman https://datadiri.walisongo.ac.id.

Informasi lengkap tentang alur registrasi ini dan template form yang dibutuhkan dapat diakses di laman https://walisongo.ac.id dan https://datadiri.walisongo.ac.id. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UIN Walisongo Semarang melalui nomor helpdesk 085174370900 pada jam kerja (Senin – Jum’at, jam 07.30–16.00 WIB).

SPAN PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu. Seleksi tersebut diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan Menteri Agama (Menag).

Jalur SPAN PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Bagi mahasiswa yang belum dinyatakan lolos SPAN PTKIN masih memiliki kesempatan kuliah melalui jalur UM-PTKIN yang pendaftarannya akan dibuka pada 10 April hingga 15 Mei 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya