SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang. (Facebook.com)

Solopos.com, SEMARANG — Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menerima 544 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024. Mereka diterima berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang diumumkan pada Kamis (13/6/2024) sore.

Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, total ada sekitar 1.349 calon mahasiswa baru yang mengikuti UTBK SNBT 2024 di UIN Walisongo. Mereka bersaing untuk memperebutkan 544 kursi mahasiswa baru dari jalur SNBT 2024 yang disediakan UIN Walisongo.

Promosi Chatbot BRI Sabrina Raih Best in Personalization di Strategy Mata Lokal Award

Dalam SNBT kali ini, UIN Walisongo membuka 12 program studi (prodi) yakni Manajemen, Psikologi, Gizi, Ilmu Hukum, Teknologi Informasi, Sosiologi, Ilmu Politik, Biologi, Teknik Lingkungan, Matematika, Kimia, dan Fisika. Dari semua prodi itu, Manajemen dan Psikologi tercatat sebagai prodi yang paling banyak diminati pendaftar.

Prodi Manajemen paling favorit dengan jumlah peminat mencapai 271, dengan kuota yang diterima sebanyak 79 mahasiswa. Sementara, Prodi Psikologi diminati sekitar 262 peminat dengan jumlah mahasiswa diterima mencapai 78 orang.

Di urutan ketiga, prodi UIN Walisongo yang paling diminati ada Gizi dengan jumlah pendaftar mencapai 174 orang, dengan kuota yang disediakan 61 orang. Sedangkan di urutan keempat ada Ilmu Hukum dengan jumlah peminat 169 orang dan kuota yang diterima sebanyak 79 mahasiswa.

Pegawai Humas UIN Walisongo Semarang, Astri Amanati, mengimbau para calon mahasiswa yang lolos jalur SNBT 2024 segera melakukan daftar ulang. Sementara bagi yang tidak lolos masih ada kesempatan kuliah di UIN Walisongo melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) dan jalur mandiri.

“Segera daftar ulang, karena kesempatan ini tidak mudah. Bagi yang belum diterima, masih ada kesempatan melalui jalur UMPTKIN dan mandiri. Bagi yang belum berkesempatan di SNBT 2024 di UIN Walisongo jangan berkecil hati, kami masih ada jalur lain,” ujar Astri dalam keterangan tertulisnya.

Astri mengungkapkan untuk jalur UMPTKIN, pendaftaran dibuka mulai 17 April – 15 Juni 2024. Sedangkan jalur mandiri dibuka 29 April-10 Juli 2024 dan jalur Nilai UTBK dan Nilai UMPTKIN dibuka mulai 18 Juni-19 Juli 2024.

“Silakan kunjungi web pmb.walisongo.ac.id. Nantinya untuk pendaftaran melalui nilai UTBK, peserta cukup mengunggah sertifikat UTBK, sementara untuk jalur nilai UMPTKIN, peserta cukup memasukkan nomor pendaftaran UMPTKIN,” imbuh Astri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya