SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional (JIBI/Solopos/Dok.)

Ujian nasional di Temanggung akan mendapat dukungan dana dari Pemkab senilai Rp1,4 miliar.

Semarangpos.com, TEMANGGUNG – Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan Ujian Nasional 2016 sebanyak Rp1,439 miliar.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung Ujiono di Temanggung, Senin, mengatakan anggaran tersebut digunakan untuk biaya operasional pelaksanaan UN tingkat SMP dan SMA sederajat serta ujian sekolah tingkat SD.

“Anggaran dari APBD Temanggung tersebut Rp329 juta untuk SMA/MA, Rp329 juta untuk SMP/MTs, dan Rp781 juta untuk SD/MI. Anggaran terbesar memang untuk SD/MI karena jumlah sekolah dan muridnya juga lebih banyak dibanding dengan SMP atau SMA,” katanya.

Selain dari APBD kabupaten, katanya, anggaran operasional UN mendatang juga didukung dari APBD provinsi sebanyak Rp385 juta.

Ia menuturkan semua anggaran tersebut hanya digunakan untuk biaya operasional saja, sedangkan anggaran untuk honor pengawas biasanya dari APBN.

“Tahun-tahun sebelumnya seperti itu, tetapi untuk tahun ini belum ada kepastian berapa anggaran dari APBN yang bakal digunakan untuk honor pengawas UN,” katanya.

Ia menuturkan meskipun pelaksanaan UN masih beberapa bulan lagi, pihaknya telah melakukan persiapan. Dengan persiapan lebih dini diharapkan pada pelaksanaannya nanti bisa lebih baik dan tertib.

“Butuh persiapan matang, harus disusun sejak jauh hari, mulai dari persiapan peserta hingga kepanitiaan mulai dilakukan,” katanya.

Jadwal pelaksanaan UN secara nasional telah diatur, yakni pada 4-6 April 2016 untuk SMA dan MA, sedangkan SMK pada 4—7 April 2016. Kemudian tingkat SMP pada 9-12 Mei 2016 dan tingkat SD pada 16-18 Mei 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya