SOLOPOS.COM - Rektor UKSW Salatiga Intiyas Utami saat menunjukkan dua penghargaan dari Diktiristek 2023 Rabu (13/12/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga berhasil memboyong dua penghargaan dalam ajang Anugerah Diktiristek 2023 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2023) malam. Anugerah Diktiristek merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) untuk apresiasi kepada pemangku kepentingan pendidikan tinggi, riset, dan teknologi dalam mendukung transformasi pembelajaran di Indonesia.

Penghargaan yang diraih UKSW adalah Anugerah Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Tahun ini UKSW mendapatkan Silver Winner kategori Publikasi (Garuda Award) Sub Kategori Institusi Klaster Utama dengan Skor Publikasi Ilmiah Tertinggi periode tahun 2020-2022. Lainnya, UKSW juga mendapatkan Silver Winner kategori Institusi dengan peningkatan Kinerja Terbaik Periode 2020-2022 (Sinta Award) Subkategori Institusi Klaster Mandiri/Utama/Madya/Pratama dengan peningkatan skor Sinta tertinggi periode 2020-2023.

Anugerah tersebut diterima langsung Rektor UKSW Prof Intiyas Utami. Rektor Intiyas menyampaikan rasa syukur atas anugerah yang didapatkan UKSW. Tak lupa, terima kasih kepada Diktiristek atas penghargaan yang diterima.

“UKSW berkomitmen untuk meningkatkan kinerja mutu di bidang riset dan publikasi sehingga tahun depan semakin optimal. Pimpinan UKSW juga mengucapkan terima kasih untuk semua karya dosen dan mahasiswa yang sudah menjadi bagian dari prestasi bidang riset dan publikasi,” kata Rektor UKSW, Kamis (14/12/2023).

Lebih lanjut disampaikan Prof Intiyas, pimpinan UKSW mempunyai komitmen untuk menghasilkan karya-karya penelitian yang berguna bagi masyarakat Indonesia. Di bawah arahan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (RIK) Prof Eko Sediyono, dan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) yang dipimpin Prof. Kristoko Dwi Hartomo, UKSW terus berupaya meningkatkan kinerja publikasi.

“Kiranya tahun depan, dosen dan mahasiswa dapat mengambil peran lebih maksimal dengan memanfaatkan dana hibah baik dari internal maupun Diktiristek. Karya-karya kelas dunia semoga dapat dihasilkan untuk mendukung program UKSW menuju World Class University,” harap Rektor UKSW.

Data Riset

Dihubungi secara terpisah, Prof Eko Sediyono, dan Prof Kristoko Dwi Hartomo, juga menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diraih. Penghargaan yang diraih disampaikannya tidak lepas dari kerja keras dan strategi yang tepat untuk memutakhirkan data riset, publikasi, dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen.

“Capaian ini merupakan hasil upaya kerja keras bersama, khususnya tim DRPM, tim Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan serta koordinator riset kewirausahaan yang ada di fakultas,” kata Prof. Eko Sediyono.

Ditambahkan Prof. Kristoko Dwi Hartomo, strategi yang dilakukan adalah bimbingan teknis update data pada laman Sinta, pengembangan dan sinkronisasi sistem penelitian, dan insentif publikasi. Tidak hanya itu, DRPM juga melakukan pengumpulan data yang melibatkan Koordinator Riset Inovasi Kewirausahaan (RIK) di tingkat fakultas, serta fasilitasi booth camp penulisan artikel bereputasi.

“Tentunya penghargaan ini bukan kontribusi dari DRPM saja, tetapi dapat kita peroleh karena arahan pimpinan, terutama Rektor dan WR RIK, seluruh staf DRPM dan DIK yang telah bekerja keras input data, dan kinerja dosen di lingkungan UKSW,” imbuh Prof Kristoko Dwi Hartomo.

Rekomendasi
Berita Lainnya