SOLOPOS.COM - Penandatanganan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dengan PT Cendekia Data Andalan untuk memperkuat bidang data science, Senin (26/6/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga semakin memperkuat kolaborasi di bidang data science alias sains. Hal itu dibuktikan dengan melakukan kerja sama dengan PT Cendekia Data Andalan.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara keduanya dilaksanakan VIP Room Balairung Universitas, Senin (26/6/2023). MoU ditandatangani Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (KK), Yafet Yosafet Wilben Rissy Ph.D. (AFHEA) dan Vice President Development and Partnership Cyber Trend Data Academy, Irfan F. Rahman.

Melalui MoU ini, kedua belah pihak sepakat melakukan kerja sama dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kolaborasi keilmuan bidang data science.

Dalam kesempatan yang sama juga ditandatangani perjanjian kerja sama tentang pelatihan, riset, dan kolaborasi keilmuwan antara Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UKSW dengan PT Cendekia Data Andalan. FSM UKSW diwakili Dekan Dr. Wahyu Hari Kristiyanto.

Yafet Yosafet Wilben Rissy, Ph.D. (AFHEA) dalam sambutannya berharap kerja sama ini akan mendorong dan memberikan semangat baru bagi FSM UKSW untuk terus mengembangkan kepakaran dan kiprahnya agar semakin bermanfaat bagi institusi dan masyarakat luas.

“Kami berharap MoU dan MoA ini tidak hanya sebatas di kertas. Tetapi dilanjutkan dengan tindakan konkret yang bermanfaat bagi kedua institusi,” tegas Wakil Rektor KK.

Hal yang sama disampaikan Irfan F. Rahman. Data Academy sebagai pelaksana kerja sama ini juga berharap dengan adanya MoU dan MoA ini akan memberikan manfaat bagi peningkatan kompetensi mahasiswa UKSW.

Kampus UKSW yang mahasiswanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia sebagai hal yang sangat baik. Hal itu menjadi aset bagi pembangunan Indonesia ke depan.

Dekan FSM berharap jalinan kerja sama ini akan semakin menguatkan kedua institusi. Kerja sama dengan Data Academy bermula dari keikutsertaan mahasiswa FSM dalam ajang Turnamen Sains Data Nasional (TSDN) 2022.

Dalam ajang tersebut, perwakilan FSM UKSW membuat Web App Distrow dengan kemampuan deteksi stroberi menggunakan algoritma deep learning sebagai alat bantu penilaian kondisi stroberi secara cepat dan berhasil meraih Juara I.

Ajang ini sangat bergengsi karena diikuti lebih dari 40 universitas di Indonesia dengan lebih dari 640 tim dan 2.014 peserta dari 24 provinsi di Indonesia. Sebelumnya juga pernah diadakan kuliah tamu dengan tema Data Science dan AI di Era Digital.

Ikut menghadiri penandatanganan kerja sama hari ini dari FSM UKSW antara lain Wakil Dekan FSM UKSW Dr. Yohanes Martono; Kepala Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPMF), Prof. Dr. Adi Setiawan; Koordinator Bidang Kerja Sama, Kemahasiswaan, dan Kealumnian Debora Natalia Sudjito; serta perwakilan dari Direktorat Kerja Sama UKSW.

Rekomendasi
Berita Lainnya