SOLOPOS.COM - Prosesi pengukuhan tiga guru besar Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga di Balairung Universitas Kamis (7/12/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), memiliki tiga guru besar baru. Ketiga guru besar atau profesor baru itu dikukuhkan Rektor UKSW, Prof Intiyas Utama, dalam sebuah acara seremoni di Balairung UKSW Salatiga, Kamis (7/12/2023).

Ketiga guru besar UKSW yang baru dikukuhkan itu adalah Prof Dr Umbu Rauta, yang juga Dekan Fakultas Hukum UKSW, menjadi guru besar bidang ilmu hukum; Prof Yafet Yosafet Rissy, yang juga Wakil Rektor UKSW Bidang Kerja Sama dan Kealumnian, sebagai guru besar bidang ilmu hukum dan ekonomi; serta Prof Hindriyanto Dwi Purnomo, yang merupakan Kepala Departemen Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTI), sebagai guru besar bidang teknik elektro dan informatika.

Dengan dikukuhkannya tiga guru besar itu, praktis saat ini UKSW Salatiga telah memiliki 21 profesor.

Dalam sambutannya di acara pengukuhan guru besar itu, Rektor Intiyas mengucapkan syukur kepada Tuhan atas anugerah tiga talenta guru besar yang diperoleh kampusnya. Kehadiran tiga guru besar baru ini pun menjadi energi bagi UKSW untuk tumbuh dan berdaya menuju World Class University.

Indonesia Emas

Rektor Intiyas menyampaikan tantangan yang sesungguhnya bagi perguruan tinggi adalah menghasilkan karya yang mampu memecahkan masalah di masyarakat, gereja dan bangsa. Ketiga guru besar ini pun diharapkan menjadi bagian kekuatan UKSW untuk berkontribusi dalam pencapaian Indonesia Emas.

Intiyas juga meminta para guru besar UKSW untuk menjadi poros dengan membentuk center of excellent, seusai bidang keilmuan masing-masing. “Selamat untuk dua fakultas, yakni Fakultas Hukum dan Fakultas Teknologi Informasi atas capaian kinerja mutu dengan hadirnya guru besar baru. Kiranya semakin mumpuni dan menjadi teladan bagi semua insan di UKSW dan juga di aras nasional, bahkan global,” terang Rektor UKSW.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, memberikan apresiasi atas lahirnya tiga guru besar di UKSW. Tiga guru besar baru ini pun melengkapi daftar 21 guru besar di UKSW dan 170 guru besar di seluruh perguruan tinggi swasta (PTS) di LLDIKTI Wilayah VI.

“Kiranya hal ini juga memacu dosen lainnya untuk meningkatkan JAFA dan memperkuat kaki kepakaran di perguruan tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, dalam acara pengukuhan itu, Prof. Umbu Rauta, menyampaikan pidato ilmiah berjudul Konstitusionalitas Ibu Kota Negara dalam Desain Hubungan Pusat Daerah Menurut UUD 1945. Sedangkan Prof Yafet Yosafet Rissi menyampaikan pidato ilmiah berjudul Analisis Ekonomi Terhadap Hukum Paten di Indonesia.

Sementara itu, Prof. Hindriyanto Dwi Purnomo, menyampaikan pidato ilmiah berjudul Soccer Game Optimization: Integrasi Evolutionary Algorithm dan Swarm Intelligence Algorithm.

Rekomendasi
Berita Lainnya