SOLOPOS.COM - Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga saat menerima kunjungan Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (3/7/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menerima kunjungan Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (3/7/2023).

Rombongan LRI UMS diterima di Ruang A107 oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan, Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono; Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Prof. Dr. Kristoko Dwi Hartomo; Direktur Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan (DIK), Dr. Linda Ariany Mahastanti; serta sejumlah pimpinan fakultas maupun dosen UKSW lainnya.

Hadir dalam kunjungan itu Ketua LRI UMS, Ir. Sri Sunarjono; Kepala Bidang (Kabid) Inovasi LRI UMS, Prof. Kun Harismah; dan Kabid Riset LRI Dr. Ambarwati; serta beberapa staf LRI.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, mengungkapkan kegiatan anjangsana ini dilakukan untuk berdiskusi bersama mengenai riset, inovasi, dan kewirausahaan.

“Kegiatan ini merupakan wujud kolaborasi bersama yang dapat digunakan demi pengembangan perguruan tinggi,” imbuhnya.

Ir. Sri Sunarjono, mengungkapkan hal senada. Ia menuturkan kunjungan yang dilakukan LRI UMS bermaksud mempelajari riset dan pengelolaan produk-produk hasil riset dosen dan mahasiswa di UKSW.

Selain itu, UMS juga ingin mendapatkan wawasan mengenai transformasi karakter riset individu ke dalam riset grup.

“UKSW dan UMS telah memiliki history kerja sama sejak tahun 80-an. Mari kita tindak lanjuti kembali dengan harapan akan ada skema konsorsium yang dapat kita inisiasi,” tandasnya.

Ditemui seusai acara, Prof. Dr. Kristoko Dwi Hartomo, menerangkan, dalam kegiatan ini UMS hendak melakukan benchmarking mengenai tata kelola riset di UKSW.

UKSW yang berada pada pemeringkatan riset utama juga ingin mendapat insight dari UMS yang berada pada pemeringkatan riset mandiri.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi riset antaruniversitas. Dalam kegiatan ini diadakan diskusi sehingga UKSW juga dapat mempelajari penelitian, pengabdian, internasionalisasi, serta luaran publikasi dan inovasi dari UMS,” imbuhnya.

Selain itu, UMS dan UKSW yang bermitra dalam Forum Komunikasi (Forkom) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi Jawa Tengah dapat bergandengan tangan membuat konsorsium untuk melakukan riset bersama.

Dalam kesempatan ini, diadakan juga kegiatan diskusi mengenai Tata Kelola Pusat Studi di UKSW. Dalam waktu yang bersamaan di ruang ABX 103, diadakan diskusi mengenai tema Riset dan Hilirisasi di UKSW.

Rekomendasi
Berita Lainnya