SOLOPOS.COM - Diskusi kerja sama antara sejumlah pimpinan direktorat UKSW Salatiga dan Executive Assistant to the President for Institutional Development dari University of Saint Louis (USL) Filipina, Jumat (28/7/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGAUniversitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menerima anjangsana kerja sama dari University of Saint Louis (USL) Filipina di Rumah Noto, Jumat (28/7/2023) siang.

Anjangsana dilakukan dalam rangka kegiatan United Board Fellows Program and Benchmarking dengan menghadirkan sejumlah direktorat di UKSW dan Executive Assistant to the President for Institutional Development, Dr. Luisa Baquiran Aquino dari USL. Antara kedua kampus itu dinilai memiliki visi yang sejalan, yaitu soal globalisasi dan internasionalisasi.

Direktur Direktorat Kerja Sama (Diker), Dian Toar Yusak Getroidester Sumakul, S.Pd., M.A., mengatakan kegiatan ini turut melibatkan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dr. Adita Sutresno, S.Si., M.Sc; Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Prof. Dr. Kristoko Dwi Hartomo, S.Kom., M.Kom; Direktur Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan (DIK), Dr. Linda Ariany Mahastanti, S.E., M.Sc; serta Direktur Direktorat Penjaminan Mutu Pendidikan (DPMP), Arthik Davanti, S.E., M.Si, Ph.D.

Dalam pertemuan diskusi tersebut, Dian Toar Yusak, mengungkapkan bahwa dengan visi yang selaras, UKSW dan USL memiliki peluang kerja sama yang beragam. Bukan hanya dengan direktorat di UKSW, namun juga dengan sejumlah fakultas di UKSW.

Selanjutnya, kerja sama akan diikat secara resmi dengan Memorandum of Understanding (MoU) yang akan ditandatangani. Kemudian, general meeting akan dilaksanakan untuk membahas secara rinci mengenai kerja sama untuk dituangkan dalam Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Agreement (IA). Harapan dari pertemuan ini, yakni terwujudnya kerja sama yang konkret dari UKSW dan USL.

“Kami berharap akan banyak kerja sama yang dilakukan karena UKSW dan USL memiliki visi yang sama,” imbuhnya.

Sementara itu, Dr. Luisa Baquiran Aquino, mengungkapkan terima kasihnya atas sambutan hangat dan baik yang diberikan UKSW. Ia mengaku sangat bersemangat dengan diskusi produktif yang dilakukan.

“Hasil dari diskusi hari ini, akan ada banyak kolaborasi dari UKSW dan USL,” bebernya.

Dalam pertemuan itu, Dr. Luisa Baquiran Aquino, menyebutkan bahwa kedua universitas dapat bekerja sama dalam hal international conferences maupun dalam hal joint research. Disebutkannya, UKSW dan USL memiliki kebutuhan yang sama.

“Baik UKSW dan USL menginginkan internasionalisasi, sehingga kita bersepakat untuk melakukan kerja sama ke depannya. Saya pikir, kedua pihak akan sama-sama puas dengan kerja sama ini,” tandasnya.

Dr. Luisa Baquiran Aquino juga bertemu dengan perwakilan sejumlah fakultas. Hal itu seperti Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK), Fakultas Teknologi Informasi (FTI), dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Agenda pertemuan untuk mendiskusikan kerja sama berupa quality assurance, outcome-based education, dan program pasca-sarjana.

Rekomendasi
Berita Lainnya