SOLOPOS.COM - Rektor UIN Salatiga Zakiyuddin (kiri) bersama Rektor UKSW Salatiga, Intiyas Utami (kanan) saat bertukar cendera mata, Selasa (7/3/2023). (Solopos.com/Humas UKSW)

Solopos.com, SALATIGAUniversitas Kristen Satya Wacana (UKSW) salatiga resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Selasa (7/3/2023).

Bertempat di Gedung Hasyim Asy’ari Kampus UIN, kedua perguruan tinggi di kota Salatiga ini sepakat menjalin kerja sama di bidang pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rombongan Rektor UKSW Salatiga, Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., diterima langsung oleh Rektor UIN Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag., beserta sejumlah jajaran pimpinan universitas, fakultas, serta unit.

Memajukan Indonesia melalui gotong royong antara UIN dan UKSW menjadi salah satu topik yang mengemuka dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan akrab tersebut.

“Kebutuhan antarlembaga di abad XXI adalah peningkatan kolaborasi, kolaborasi yang terjalin hari ini berdasarkan relasi kesetaraan. Saat ini kemi lebih siap menjalin kerja sama dengan UKSW,” tutur Prof. Dr. Zakiyuddin.

Penandatanganan MoU yang dimaksudkan guna membangun komitmen bersama dalam mengembangkan sumber daya kampus. Melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prof. Dr. Zakiyuddin berharap dapat menjadi practical document.

“Apa yang bisa dilakukan, kami lakukan bersama tanpa menunda,” tandasnya.

Senada, Rektor UKSW Salatiga, Prof. Dr. Intiyas Utami berharap dapat mencapai visi misi bersama sebagai lembaga pendidikan, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Inovasi dan kolaborasi menjadi target untuk segera dapat dikerjasamakan dengan UIN Salatiga.

“Belum lama ini kami telah mengadakan acara gelar inovasi dan mendapat sambutan positif dari gubernur Jawa Tengah. Tahun depan, kami akan kembali mengadakan di level nasional berkolaborasi dengan UIN Salatiga,” ungkapnya.

Sebagai wujud nyata dari kolaborasi dua universitas, tanpa menunggu waktu lama Rektor Intiyas berencana mengundang jajaran pimpinan UIN Salatiga dalam acara ngobrol santai bersama di Rumah Noto UKSW.

“Pertemuan yang sifatnya formal sudah berlangsung hari ini. Kami mengundang UIN Salatiga ke rumah mantan rektor pertama UKSW yang saat ini menjadi salah satu bangunan bersejarah untuk sekadar ngobrol bareng. Harapannya, implementasi kerja sama dapat segera terjalin dengan menghadirkan pula konsorsium fakultas di UKSW,” terang Rektor UKSW.

Melalui kebersamaan dan juga kolaborasi yang terjalin, Rektor Intiyas juga berharap dapat bermanfaat bagi pengembangan Kota Salatiga dengan bersama menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang terjadi di kota tertoleran ini.

Rekomendasi
Berita Lainnya