SOLOPOS.COM - Kampus Undip yang terletak di wilayah Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. (kectembalang.semarangkota.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menerima 4.429 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024. Ribuan calon mahasiswa baru itu dinyatakan lolos setelah mengikuti seleksi ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Pengumuman hasil SNBT 2024 ini diumumkan panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) melalui laman https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id sejak Kamis (13/6/2024) pukul 15.00 WIB. Peserta yang ingin mengetahui hasil seleksi itu bisa mengakses laman tersebut dan memasukkan nomor pendaftaran beserta tanggal lahir sesuai data diri.

Promosi BRI Menanam Grow & Green Bantu Jaga Ekosistem Laut dan Kembangkan Wisata Daerah

Sejumlah 145 perguruan tinggi, yang terdiri atas 75 perguruan tinggi negeri (PTN) akademik, 26 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN), dan 44 politeknik negeri, mengikuti SNBT Tahun 2024 yang diselenggarakan Panitia SNPMB.

Perguruan tinggi peserta SNBT Tahun 2024 tersebut menyediakan total daya tampung sejumlah 272.248 kursi. Adapun total pendaftar SNBT Tahun 2024 adalah 785.058 lulusan sekolah lanjutan tingkat atas, yang terdiri dari 358 lulusan sekolah menengah atas (SMA), 656 lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK), 871 lulusan madrasah aliah (MA), 968 lulusan sekolah satuan pendidikan kerja sama (SPK) SMA, dan 205 lulusan sekolah lainnya.

Pada jalur SNBT 2024, Universitas Diponegoro menjadi PTN keempat dengan jumlah pendaftar terbanyak. Total pelamar Undip Semarang melalui jalur SNBT 2024 mencapai 85.734 orang.

Tidak hanya peringkat keempat pendaftar terbanyak pada SNBT, Undip juga meraih peringkat pertama kategori PTN akademik dengan pendaftar terbanyak pada SNBT. Kemudian, peringkat enam kategori PTN akademik dengan rerata UTBK tertinggi, peringkat ke-7 kategori prodi vokasi dengan rerata UTBK tertinggi, dan peringkat ke-10 kategori prodi vokasi dengan pendaftar terbanyak SNBT.

Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip juga menempati peringkat ketiga kategori prodi akademik terketat, sedangkan Prodi Bisnis Digital, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) menempati peringkat ke-9 kategori Prodi (Akademik) Terketat

“Data di atas menunjukkan bahwa sampai saat ini Undip merupakan salah satu kampus favorit yang menjadi pilihan para lulusan SMA dan sederajat,” kata Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T., dalam keterangan tertulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya