SOLOPOS.COM - Wisuda Sekolah Lansia Matahari Brebes. (Istimewa/dp3kb.brebeskab.go.id)

Solopos.com, BREBES — Inilah gambaran menuntut ilmu itu tidak ada batasan usia. Di Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah didirikan sebuah Sekolah Lansia Matahari yang memang dikhususkan untuk para warga lanjut usia (lansia).

Hadirnya sekolah lansia ini ternyata disambut baik oleh masyarakat setempat dan diikuti oleh sekitar 80 siswa pada awal diresmikannya. Meskipun berusia lanjut, tidak membuat patah semangat para lansia Desa Sridadi menimba ilmu setinggi-tingginya.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Hadirnya sekolah lansia ini sangat membantu masyarakat setempat untuk memperluas pengetahuan mereka dan tetap aktif dalam kegiatan sosial.

Dilansir dp3kb.brebeskab.go.id, Sekolah Lansia Matahari di Desa Sridadi di-launching pada 27 Juli 2022 oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes.

Kegiatan ini merupakan pengembangan dari Bina Keluarga Lansia (BKL) yang dibina oleh P3KB Kecamatan Sirampog. Layaknya sekolah pada umumnya, program sekolah lansia menawarkan berbagai kursus dan kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat lansia, seperti kursus bahasa, seni, musik, dan olahraga ringan.

Kegiatan belajar mengajar di Sekolah Lansia Matahari mengadaptasi kurikulum yang sudah diterbitkan Indonesia Ramah Lansia atau lembaga yang berkontribusi untuk mewujudkan kawasan ramah lanjut usia.

Cara pengajarannya dimodifikasi dengan bahasa lokal agar bisa lebih dimengerti. Fasilitator sekolah lansia yang bertugas memberikan materi berasal dari berbagai ahli, di antaranya penyuluh KB, praktisi psikolog, tenaga medis, dan pengajar lainnya.

Sekolah Lansia Angkatan Pertama di Kabupaten Brebes diselenggarakan mulai Mei 2022 sampai November 2022 dengan 20 kali pertemuan. Wisuda pertama dilaksanakan pada 19 Januari 2023 kemarin.

Saat itu, sebanyak 75 siswa diwisuda, terdiri atas empat wisudawan dan 71 wisudawati. Wisudawan terbaik dari Sekolah Lansia Matahari, yaitu Bapak Suyud dengan usia 77 tahun dan wisuda tertua Ibu Sodah dengan usia 90 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya