SOLOPOS.COM - Dekan Fakultas Kedokteran Unnes, Prof. Mahalul Azam, M.Kes. (Istimewa/Humas Unnes)

Solopos.com, SEMARANGUniversitas Negeri Semarang (Unnes) resmi membuka Program Studi (Prodi) Kedokteran. Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru pada semester gasal tahun 2023/2024 berlangsung, Selasa-Selasa (1-8/8/2023).

Pendaftaran mahasiswa baru ini dibuka usai turunnya rekomendasi dari Kementerian Kesehatan dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Selain itu, telah dilakukan sidang majelis Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) tentang akreditasi minimal Prodi Kedokteran Unnes.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Dekan Fakultas Kedokteran Unnes, Prof. Mahalul Azam, M.Kes, mengatakan rekomendasi Kemenkes telah diterima pada 20 Juni 2022 dan rekomendasi KKI telah diterima Januari 2023. Adapun visitasi akreditasi LAM-PTKes telah dilakukan pada 5 Juli 2023.

“Pendaftaran mahasiswa baru Prodi Kedokteran akan dibuka pada 1 sampai 8 Agustus 2023. Pendaftaran secara daring di laman unnes.ac.id/admission,” ujar Prof. Mahalul, Senin (31/7/2023).

Ia mengatakan persiapan pembukaan Prodi Kedokteran telah dilakukan sejak 2019. Namun secara intensif mulai dilakukan tahun 2021. Unnes telah melengkapi persyaratan administratif sekaligus menyiapkan sarana dan prasarana perkuliahan.

“Kami juga menyiapkan tenaga pengajar, ruang kelas, dan sejumlah laboratorium. Selain itu, Unnes juga bekerja sama dengan RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus sebagai rumah sakit pendidikan. Total, kami sudah memiliki 51 dosen, sebanyak 32 merupakan dosen tetap dan lainnya merupakan dosen dokter pendidik klinis,” jelasnya.

Guna memastikan persiapan kuliah, Unnes juga juga telah menyiapkan 12 laboratorium sesuai standar, antara lain laboratorium histologi, laboratorium patologi klinis, laboratorium patologi anatomi, laboratorium parasitology.

Kemudian laboratorium mikrobiologi, laboratorium anatomi, laboratorium fisiologi, laboratorium CBT, skill laboratorium, objective structured clinical examination (OSCE), laboratorium farmakologi, dan laboratorium biokimia.

“Prodi Kedokteran Unnes memiliki visi yang khas karena didesain untuk menghasilkan dokter unggul yang siap mengabdi di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) dengan semangat wawasan konservasi,” tegasnya.

Nantinya, Fakultas Kedokteran Unnes akan menempati kampus di Jalan Kelud. Kampus yang dulu digunakan sebagai kampus sekolah pascasarjana (SPs) itu dinilai representatif karena memiliki fasilitas modern dan lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya