SOLOPOS.COM - Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Kanalsemarang.com, KUDUS—Kabid Hubungan Industrial dan Perselisihan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kudus, Wisnu Broto, mengatakan, sampai kini belum ada kesepakatan nominal UMK 2015 di daerah ini yang akan diusulkan kepada Gubernur Jateng.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Hingga rapat kedua yang digelar oleh dewan pengupahan belum juga ada kesepakatan soal nominal UMK 2015,” katanya seperti dikutip Antara, Selasa (30/9/2014).

Berdasarkan surat dari Pemprov Jateng, kata dia, usulan nominal UMK 2015 seharusnya diserahkan kepada gubernur hari ini atau Senin.

Hanya saja, kata dia, lantaran antara SPSI dengan Apindo belum ada kesepakatan soal nominal UMK, maka usulan kepada gubernur dipastikan molor.

Setelah ada kesepakatan soal nominal UMK, katanya, akan diserahkan kepada Bupati Kudus untuk mendapatkan persetujuan, kemudian diserahkan kepada gubernur.

Permasalahan dalam hal hasil survei sewa kos, kata dia, akhirnya disepakati pada rapat dewan pengupahan yang kedua untuk dilakukan survei ulang pada Rabu (1/10/2014).

“Perwakilan pekerja menginginkan biaya kos per bulan sebesar Rp250.000, bukannya Rp150.000,” ujarnya.

Lokasi survei, katanya, dipilih yang berdekatan dengan pabrik serta dipilih yang berada di pinggir perkotaan serta di dalam perkotaan.

Ia berharap, nantinya ada kesepakatan soal nominal UMK 2015, seperti halnya penentuan UMK 2014 yang ditetapkan sebesar Rp1.150.000.

“Kalaupun masih tetap alot, tentunya akan diserahkan sepenuhnya kepada bupati dengan memberikan masukan atas hasil rapat selama ini,” ujarnya.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, hasil survey kebutuhan hidup layak pada September 2014 sebesar Rp1.184.770.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya