SOLOPOS.COM - Ketua DPW PKB Jateng, K.H. M. Yusuf Chudlori, atau Gus Yusuf. (Solopos.com-PKB Jateng)

Solopos.com, MAGELANG — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai berkomunikasi dengan partai politik (parpol) lain terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah atau Pilgub Jateng 2024. Pada Pilgub Jateng 2024, PKB telah memastikan mengusung Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf sebagai calon gubernur (cagub).

Gus Yusuf yang juga Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Provinsi Jateng mengakui beberapa partai mulai berkomunikasi terkait Pilgub Jateng 2024. Meski demikian, komunikasi tersebut baru sebatas penjajakan.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Beberapa partai mulai berkomunikasi dengan PKB, tentu ini baru penjajakan karena partai apa pun hari ini masih konsentrasi pada pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden,” katanya di Magelang, Senin (3/7/2023).

Berdasarkan hasil Rakerwil DPW PKB Jawa Tengah beberapa waktu lalu, Gus Yusuf akan diusung PKB sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah pada pemilu mendatang.

Ia menyampaikan teman-teman PKB di Jateng mulai menyosialisasikan Pilgub 2024 dengan tagline “Budal Gus” sudah berjalan sekitar tiga bulan.

“Alhamdulillah respons dari berbagai komunitas positif, juga tentu dari kalangan internal kami di kalangan pesantren. Kalangan keluarga besar NU ini sangat menyambut baik munculnya figur dari pesantren untuk maju pada kontestasi 2024,” katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Kabupaten Magelang, ini menuturkan pada Pilgub 2018 PKB mengusung pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziyah dengan meraih suara 41 persen.

“Perolehan suara itu luar biasa, karena Pak Dirman dan Ibu Ida notabene tidak dikenal masyarakat Jawa Tengah. Kedua figur tersebut relatif belum dikenal di Jawa Tengah tetapi hasilnya bisa luar biasa 41 persen,” katanya.

Berdasarkan perolehan suara Pilgub Jateng 2018, katanya teman-teman berpikir kalau figur yang diusung pada Pilgub 2024 sudah dikenal dan dekat dengan masyarakat Jawa Tengah mungkin hasilnya bisa lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya