SOLOPOS.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N., Rachmadi saat melihat stan Festival Kuliner Kota Salatiga di halaman Kampus I UIN Salatiga, Kamis (29/6/2023) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Menyongsong Hari Jadi ke-1.273 Kota Salatiga, Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga menyelenggarakan Festival Kuliner, Kamis (29/6/2023) hingga Minggu (2/7/2023). Kegiatan itu sekaligus memantapkan Salatiga sebagai Kota Gastronomi yang kaya akan wisata kuliner.

Festival Kuliner ini tak hanya diikuti para pelaku UMKM di Salatiga. Namun juga dari luar Salatiga, seperti Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Guna menunjang terselenggaranya Festival Kuliner ke-6 tersebut, Komunitas Kuliner Salatiga berkolaborasi dengan perbankan nasional maupun lokal dan beberapa dunia usaha yang ada di Kota Salatiga.

Agar lebih menarik pengunjung, Festival Kuliner ini dikolaborasikan dengan penampilan musik lokal dari anak-anak SLTP dan SMA. Sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di area festival.

“Bagaimanapun juga, sajian kuliner tanpa musik kayaknya kurang ya. Ketika sajian kuliner dikombinasikan dengan musik, rasanya jadi lebih asyik,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N., Rachmadi, Kamis (29/6/2023).

Pj. Wali Kota mengatakan Festival Kuliner kali ini digelar di lingkungan kampus I UIN Salatiga. Hal itu menjadi terobosan bagi Pemkot.

“Harapannya, masyarakat kampus bisa terlibat langsung terkait kuliner khas Salatiga,” ungkap Sinoeng.

Ketua Panitia Festival Kuliner Salatiga, Alex Mahfud, membeberkan, festival tahun ini diikuti 70 UMKM. Puluhan UMKM itu berasal dari Kota Salatiga maupun di luar Kota Salatiga.

Tujuan diselenggarakan festival ini guna mempromosikan berbagai macam makanan khas yang berasal dari Kota Salatiga.

“Tema Festival Kuliner Kota Salatiga tahun ini adalah Tombo Kangen,” ujarnya singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya