SOLOPOS.COM - Ilustrasi ampul-ampul berisi vaksin (JIBI/Solopos/Reuters)

Vaksin palsu diduga peredarannya sampai ke Sragen.

Semarangpos.com, SEMARANG — Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Semarang memastikan vaksin yang beredar di Kabupaten Sragen Asli.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Kepala BBPOM Semarang, Endang? Pudjiwati, menjelaskan semula memang sempat ada kekhawatiran beredarnya vaksin palsu dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen. Keraguan itu tak lain karena label dari vaksin itu ditempel secara ulang.

“Jadi labelnya itu ditempel secara double. Pertama labelnya Inggris terus ditempel lagi dengan yang berbahasa Indonesia. Hal itu membuat adanya keraguan kalau vaksin itu didapat dari jalur tidak resmi atau palsu,” ujar Endang saat dihubungi Semarangpos.com, Jumat (1/7/2016).

Meski demikian, setelah dilakukan penelusuran diketahui vaksin-vaksin di Sragen itu asli. Vaksin itu bahkan berasal dari sumber resmi dari Dinkes Jateng yang dibuktikan dengan dokumen penyalurannya. “Sudah kami cek ke pusat, ternyata vaksin itu asli. Jadi tidak perlu diragukan,” ujar Endang.

Sementara itu, terkait tiga sarana kesehatan di Semarang yang dicurigai menggunakan vaksin palsu, Endang mengaku pihaknya saat ini masih terus melakukan penelusuran.?  Penyelidikan itu bahkan saat ini sudah ditangani pihak BBPOM pusat.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya