SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video saat penjual angkringan tarik menarik gerobak dengan petugas Satpol PP di Kota Semarang. (Aplikasi Whatsapp)

Solopos.com, SEMARANG – Sebuah video aksi petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang yang melempar wadah berisi gorengan ke penjual angkringan tengah viral di media sosial (medsos). Momen itu terjadi saat Satpol PP Kota Semarang menggelar razia pedagang kaki lima di Jalan Imam Bardjo, Kelurahan Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang.

Dalam video berdurasi 30 detik yang beredar luas di grup Whatsapp (WA) itu, tampak penjual angkringan dengan lima anggota Satpol PP saling tarik gerobak angkringan. Tiba-tiba, seorang petugas Satpol PP mengambil nampan berisi gorengan dari gerobak
dan melemparkannya ke wajah pemuda penjual angkringan itu. Peristiwa itu diduga terjadi pada Senin (31/7/2023) malam.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Sekretaris Satpol PP Kota Semarang, Stevanus Marthen Da Costa, mengatakan peristiwa itu tidak akan terjadi jika tidak ada yang memulai. Menurutnya, peristiwa semacam itu biasa terjadi di lapangan.

“Itu kan pedagang, di lapangan kita biasa begitu. Jadi sebenarnya, kalau tidak ada yang memulai ya,” jelas Marthen seusia kegiatan jumpa pers di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cuka Tipe Madya Pabean A Semarang, Senin (7/8/2023).

Meski demikian, Marthen menyebut permasalahan antara pedagang dengan petugas Satpol PP Kota Semarang itu sudah berakhir secara damai. “Tapi, kemarin sudah selesai. Sudah damai sama mereka kok,” ujarnya.

Kendati demikian, Marthen mengaku tetap memberikan sanksi kepada petugas Satpol PP Kota Semarang yang kedapatan melempar nampan berisi gorengan ke wajah penjual angkringan itu. Sanksi itu berupa larangan untuk bertugas lagi di lapangan, atau mengikuti kegiatan razia penegakan peraturan daerah (Perda).

“Sudah. Nanti Pak Fajar [Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto] yang memutuskan. Kita pindahkan ke regu yang lain, jadi tidak di lapangan lagi,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya