SOLOPOS.COM - Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana menyebut situasi Jateng mulai memanas jelang Pemilu 2024. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Sebuah foto yang memperlihatkan seorang mirip Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, tengah menghadiri acara pemenangan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, viral di media sosial. Menanggapi hal itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng pun akan melakukan penelusuran kebenaran foto tersebut.

Foto yang memperlihatkan Pj Gubernur Jateng menghadiri acara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran itu beredar melalui aplikasi perpesanan Whatsapp (WA). Dalam foto itu, tampak pria yang mirip Nana Sudjana memakai kacamata hitam dan mengenakan baju berwarna biru muda, yang menjadi ciri khas paslon nomor urut dua pada Pilpres 2024, Prabowo-Gibran.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Dalam foto itu, pria yang mirip Pj Gubernur Jateng itu tengah berada di antara petinggi TKN Prabowo-Gibran. Tampak juga orang yang mirip Prabowo mengenakan topi berwarna biru.

Selain itu, ada pula sejumlah elite Partai Gerindra pada foto tersebut, antara lain, Ahmad Muzani (Sekjen Partai Gerindra) dan Andre Rosiade (Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra). Tampak juga dalam foto itu Ketua TKD Prabowo-Gibran Jateng yang juga bos sebuah perusahaan media di Semarang, Kukrit Suryo Wicaksono.

Ketua Bawaslu Jateng, Muhammad Amin, mengaku tengan menelusuri kebenaran foto yang diduga Pj Gubernur Jateng, Nana Sujadna tersebut. Kendati demikian, ia tak menyampaikan secara pasti berapa lama penelusuran itu.

“Ini kan praduga tak bersalah. Kami sedang proses penelusuran. Hasilnya belum diketahui, kan penulusuran tidak dibatasi waktu,” kata Amin usai menghadiri Rapat Kerja Tenis Pengawasan Konten Internet, Pemberitaan, Penyiaran dan Iklan Kampanye Pemilu di Hotel Grand Candi Semarang, Kamis (21/12/2023).

Saat ditanya apakah bakal melakukan klarifikasi kepada Nana Sujadna, Amin tak menjawab secara pasti. Ia hanya menegaskan jika prosedur utama adalah melakukan penelusuran terkait kebenaran informasi tersebut.

“Gini, aturan ada regulasi terkait aktivitas. Apakah masuk tim kampanye, jadi juru kampanye dan lainya, nah konteksnya apa dulu. Inikan informasi awal medsos, maka kami akan telusuri,” jelasnya.

Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, juga sudah memberikan tanggapan terkait foto dirinya yang viral di medsos itu. Ia mengaku kehadirannya dalam acara itu sebatas menjemput pejabat negara, yakni Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, yang hadir ke Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya