SOLOPOS.COM - Samani Intakoris yang mengalami mutasi jabatan dari Sekda Kudus menjadi Kepala Arpusda Kudus. (Instagram)

Solopos.com, KUDUS – Sosok Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), Samani Intakoris, tengah menyita perhatian publik menyusul mutasi yang dialaminya. Samani dimutasi dari jabatan Sekda Kudus menjadi Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kudus.

Mutasi yaang menimpa Samani ini pun viral, setelah video dirinya saat diwawancara sejumlah wartawan diunggah di media sosial Tiktok. Salah satu akun yang mengunggah video itu adalah akun Tiktok @jurpan.id, Selasa (1/8/2023).

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Bahkan dalam caption yang tertempel di video itu, akun @jurpan.id, menuliskan kata-kata bahwa proses mutasi Samani Intakoris dari jabatan Sekda ke Kepala Dinas Arpusda Kudus itu disinyalir bermuatan politis.

Sementara itu, Samani Intakoris membenarkan jika dirinya mengalami mutasi jabatan dari Sekda Kudus menjadi Kepala Arpusda Kudus. Proses pengangkatannya sebagai Kepala Arpusda bahkan sudah digelar di Pendapa Kudus, Selasa kemarin.

Kemudian pada Rabu (2/8/2023) ini dirinya sudah resmi menjabat dan berkantor di Dinas Arpusda Kudus.

“Kami terima baik [mutasi jabatan]. Terima kasih pada semua pihak, mohon maaf kepada masyarakat bila ada kekurangan dalam pelayanan [selama menjabat sebagai Sekda Kudus],” ujar Samani kepada Solopos.com terkait mutasi jabatannya, Rabu.

Saat disinggung apakah mutasi tersebut memang benar mengandung unsur politik, Samani enggak menanggapinya. Baginya, mutasi jabatan adalah sesuatu yang lumrah dan bisa terjadi kepada setiap aparatur sipil negara (ASN).

“Saya enggak mikir itu [unsur politik]. Saya mengikuti saja apa kehendak pimpinan, karena itu [keputusan] terbaik buat saya. Saya tetap lapang dada, istikamah karena selalu ada hikmah yang mungkin tidak kita lihat,” terangnya.

Sesuai Aturan

@jurpan.id Mutasi Samani Intakoris dari Sekda jadi Kadinas Arpusda #jurnalpanturaid #kudus #mutasijabatan #sekda #kadinasarpusda ? suara asli – Jurnalpantura.id

Lebih jauh, mengenai mutasi yang dialami Samani apakah sesuai aturan, mengingat dirinya harusnya berada di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bila dilihat dari karier dan pendidikan. Samani enggan mempermasalahkan hal tersebut. Menurutnya, setiap ASN harus siap sedia bila ditempatkan di mana saja.

“Pasti mekanismenya dijalankan sesuai aturan. Tak usah dipersoalkan. Terima saja, lapang dada, belajar lagi [ditempat baru] untuk melayani masyarakat,” ujarnya.

Samani juga mengaku akan tetap menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dimanapun dirinya ditempatkan. Ia juga meminta maaf kepada masyarakat, apabila selama menjabat sebagai Sekda Kudus ada hal yang kurang mengenankan yang telah dilakukan baik sengaja maupun tanpa sengaja.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kudus. Kemudian dijabatan baru ini (Kepala Arpusda), saya akan belajar lagi untuk inovasi. Mohon dukungannya. Agar anak mencintai membaca, bisa meningkatkan literasi di tren membaca digital saat ini,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya