SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilu/pilkada. (Solopos/dok)

Solopos.com, SEMARANG – Sekitar 960 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS di Jateng terpapar Covid-19. Dari jumlah itu, paling banyak berada di wilayah Kabupaten Wonosobo yakni 200-an orang.

Hal itu diungkapkan anggota Divisi SDM dan Litbang KPU Jateng, M. Tafiqurrahman, saat dijumpai Semarangpos.com di kantornya, Selasa (8/12/2020).

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

"Iya, dari 396.693 petugas KPPS yang ada di Jateng, 900-an orang yang positif Covid-19," ujar Taufiqurrahman.

Kasus Covid-19  Naik Terus, RS di Solo, Klaten dan Sragen Ini Nyaris Overload

Pria yang akrab disapa Taufiq itu menambahkan ratusan petugas KPPS itu dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani rapid test dan tes PCR yang digelar sejak 8 November 2020 lalu.

Saat ini mereka pun sudah mendapat penanganan. Beberapa di antaranya bahkan sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi. Namun, ada beberapa di antaranya yang masih menjalani perawatan.

"Nah, untuk petugas yang masih menjalani perawatan atau masih dinyatakan positif, otomatis besok tidak bisa bertugas. Kalau yang sudah sembuh akan kita tawarin lagi, apa mau bertugas lagi atau tidak," ujar Taufiq.

Cek! Ini Alur Karantina di Benteng Vastenburg Solo bagi Pemudik/Pendatang

Taufiq memastikan meski ada sekitar 960 petugas KPPS yang positif Covid-19, hal itu tidak akan menghambat proses pemungutan suara di Jateng pada Rabu (9/12/2020).

TPS yang nantinya dijaga kurang dari lima petugas KPPS akan mendapat limpahan petugas KPPS yang dijaga lebih dari tujuh orang.

"Total di Jateng itu ada 44.077 TPS. Setiap TPS itu, aturannya dijaga maksimal 7 petugas KPPS. Tapi, karena ada persoalan ini (petugas KPPS positif Covid-19), otomatis enggak semua TPS dijaga 7 petugas. Jadi, nanti TPS yang dijaga kurang dari 5 petugas akan kita beri petugas dari TPS yang ada di sekitarnya, yang lebih dari 5 orang," imbuhnya.

Iseng Jual Ciu Gedang Klutuk, 2 Pemuda Jebres Solo Dikukut Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya