SOLOPOS.COM - Suasana daerah Paten, Dukun, Magelang. (Twitter Merapi Uncover)

Solopos.com, SOLO-Wilayah di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terlihat gelap gulita selayaknya suasana malam hari akibat hujan abu erupsi Gunung Merapi pada Sabtu (11/3/2023), siang.  Sebagaimana diketahui sebanyak 11 kecamatan di Magelang terdampak hujan abu.

“Terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi tanggal 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB ke arah Kali Bebeng/Krasak. Saat ini erupsi masih berlangsung. Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya [jarak 7 km dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak],”  demikian penjelasan SIKK BPBD Kabupaten Magelang pada Sabtu (11/3/2023).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Dalam penjelasannya hingga Sabtu pukul 14.00 WIB ada 11 kecamatan di Kabupaten Magelang terdampak hujan abu dari erupsi Gunung Merapi. Sebanyak 11 kecamatan itu antara lain Sawangan, Dukun, Candimulyo, Pakis, Tegalrejo, Tempuran,  Bandongan,  Windusari,  Kaliangkrik, Ngablak, dan Mertoyudan.

Kabar tentang sejumlah wilayah di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, yang gelap gulita terdampak hujan abu Gunung Merapi itu menghiasi linimasa Twitter pada Sabtu. “[Breaking News] Hujan abu Merapi Daerah Paten, Dukun, Magelang sampai gelap kayak malam. Jam 1 siang seperti malam hari,”  cuit Merapi Uncover.

“Merapi siang ini semoga semua baik-baik saja,”  tulis @Alika_188 seraya menyertakan video yang memperlihatkan suasana Desa Krinjing yang gelap lantaran hujan abu.

Kabar serupa juga dicuitkan akun @Likin4567599. “Jombong, Babadan, Magelang,” cuitnya menyertai unggahan video yang memperlihatkan suasana gelap.

“Daerah Paten, Dukun, sampai gelap kayak malam,”  tulis @pp_prayoga.

“Kek mau magrib, kena dampak Merapi,” cuit @LokalPendaki menyertakan unggahan  video Paten, Dukun, Magelang yang terlihat gelap. “Ya Allah iki jam siji Ya Allah…jam siji awan,” demikian suara pria di video tersebut.

Di akun Instagram @magelang_raya, kawasan Desa Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang gelap gulita.  Padahal, video tersebut diambil siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB, namun seuasana seperti malam hari.
“Suasana siang yang gelap di Babadan Dukun Magelang. Akibat hujan abu erupsi merapi siang ini Sabtu 11 Maret 2023 jam 13.00,” tulis keterangan unggahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya