SOLOPOS.COM - Harga BBM jenis Pertalite kemungkinan akan naik dan disebut akan memberi dampak bagi perekonomian. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, GROBOGAN — Sejumlah kendaraan mogok seusai mengisi BBM jenis Pertalite di salah satu SPBU di Kecamatan Godong, Grobogan, Jawa Tengah. Entah apa penyebabnya, namun muncul dugaan bahwa ada campuran zat lain dalam BBM itu hingga membuat kendaraan mogok.

Adapun sejumlah sepeda motor dan mobil yang mogok setelah mengisi Pertalite itu pun langsung mendapat ganti rugi dari SPBU. Untuk motor diganti isi penuh tangki dengan Pertamax, sedangkan untuk mobil diganti dengan harga yang sama sesuai pembelian dengan BBM jenis pertamax.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Kapolsek Godong AKP Daryanto mengatakan, kejadian itu sudah berlangsung sekitar lima hari yang lalu. Akan tetapi sampai saat ini belum diketahui pasti zat campuran dalam Pertalite yang membuat mesin beberapa kendaraan itu mogok.

“Bukan air hasil pengecekannya. Untuk SPBU tidak bisa menyimpulkan [penyebabnya],” ujar Kapolsek Godong, Sabtu (22/10/2022), sebagaimana dilansir Murianews.com.

Lebih lanjut, Kapolsek Godong menerangkan, jumlah pengendara yang mengalami mogok hanya beberapa saja. Untuk motor, isi tangki BBM-nya langsung dikeluarkan seluruhnya dengan selang, dan diganti dengan BBM jenis Pertamax. Sementara, untuk mobil langsung dipanggilkan montir dan bahan bakarnya diganti dengan jenis Pertamax pula.

“Jadi tidak ada yang melaporkan, tidak ada yang dirugikan. Baik motor dan mobil, isinya langsung ditumpahkan dan diganti dengan pertamax, SPBU langsung tanggungjawab, tidak ada gejolak,” lanjutnya.

Baca juga : Beli Pertalite Diduga Tercampur Solar, Konsumen Datangi SPBU Gamol di Salatiga

Akibat kejadian itu, kini SPBU tersebut tidak bisa melayani pengisian BBM jenis Pertalite untuk sementara. “Ya, untuk jenis pertalite tidak melayani,” tutupnya.

Sementara itu, Brasto Galih Nugroho, Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, belum bisa memberikan keterangan banyak saat dikonfirmasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya