SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin Maimoen di kantor KPU Jateng, Kamis (11/5/2023). (Solopos.com-Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin Maimoen alias Gus Yasin mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng pada Kamis (11/5/2023) pukul 11.00 WIB. Kedatangannya untuk memasukkan berkas pencalonan sebagai anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI.

Gus Yasin, sapaan akrabnya, membawa berkas dukungan sebanyak 8.000 suara atau lebih banyak ketimbang kondisi saat awal pemberkasan persyaratan dukungan, yakni 5.000 suara. Tak hanya itu, ia juga mengaku hanya datang bersama lima orang ke kantor KPU Jateng.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

“Saya diantar tim kecil untuk masuk ke ruangan. Hanya dibatasi lima orang. Tentu kami datang ke sini mewakili seluruh lapisan masyarakat Jawa Tengah,” kata Gus Yasin seusai menyerahkan berkas di Kantor KPU Jateng, Kamis.

Kedatangan Gus Yasin ke KPU pada Kamis, tanggal 11 dan pukul 11.00 WIB ternyata dilakukan bukan tanpa sebab. Gus Yasin ternyata mengikuti tradisi dari ayahandanya, almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen.

Gus Yasin meyakini pada Kamis pahing punya makna yang mendalam. Terutama kepada orang-orang yang mendaftar sebagai calon legislatif.

“Saya mengikuti apa kata Mbah Moen yang dulu semasa masih hidup, biasanya memilih hari Kamis pahing. Menurut orang Jawa, weton Kamis pahing merupakan tibo (jatuh) pemimpin,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, fakta mengejutkan muncul pada pendaftaran anggota DPD RI di KPU Jateng pada kontes politik 2024. Sebab, pada Kamis (29/12/2022) dini hari, Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendatangi kantor KPU Jateng untuk menyerahkan berkas pendaftaran DPD RI.

Saat mendaftar sebagai anggota DPD RI, Gus Yasin diwakilkan tim kecil sebagai utusannya. Utusan Gus Yasin itu datang ke KPU berjumlah empat orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya