SOLOPOS.COM - Ilustrasi memahat kayu menjadi kerajinan ukir khas Jepara. (Istimewa/www.freepik.com)

Solopos.com, JEPARA — Terletak di pesisir utara Pulau Jawa, Jepara tak hanya menawarkan kenyamanan sebagai tempat singgah. Jepara ternyata juga memberikan peluang bagi para pelancong untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Pesona Bumi Kartini memadukan keindahan panorama alam dan beragam kehangatan warisan budayanya. Setelah menjelajahi keindahan Jepara, jangan lupa untuk membawa pulang cendera mata untuk kenang-kenangan di rumah.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Diolah dari berbagai sumber, berikut ini lima kerajinan khas Jepara ini wajib dibawa pulang.

1. Kerajinan Ukir

Jepara telah lama dipandang sebagai sentra ukir yang mendunia. Bahkan, julukan The World Carving Center dengan bangga disematkan pada Jepara.

Tak dapat disangkal, daya tarik utama dari ukiran khas Jepara terletak pada keahlian perajin untuk menjadikan setiap karya ukir dari Jepara sebagai suatu keindahan yang khas dan tak tertandingi.

Menggunakan material dengan mutu tinggi, seperti kayu jati, motif yang menjelma menjadi simbol Jepara, yakni motif daun trubusan dengan hasil akhir permukaan yang tidak bergelombang memberikan sentuhan elegan yang sesuai dengan segala jenis tata ruang.

Berbeda dengan produksi ukiran dari daerah lainnya, produk-produk Jepara menampilkan mutu yang tinggi. Bahkan, memiliki ketahanan terhadap air dan ancaman rayap.

2. Kerajinan Tenun Troso

Tenun Troso menjadi sebuah warisan berharga dari Jepara dengan pesonanya yang autentik. Tenun Troso, sebuah tenun etnik yang berasal dari Desa Troso tetap mempertahankan proses pembuatan dari warisan terdahulu.

Meski di tengah himpitan mesin, tenun Troso tetap mempertahankan esensi keaslian dengan memegang teguh penggunaan alat-alat tradisional. Proses pembuatannya yang masih manual dalam setiap helai kain yang dihasilkan berasal dari keuletan para perajin.

Diwariskan dari generasi ke generasi, tenun Troso menjadi ciri khas yang melekat pada masyarakat Desa Troso.

3. Kerajinan Monel

Desa Kriyan menjadi sentra produksi kerajinan monel atau baja putih. Bahkan, desa ini lebih dikenal sebagai Desa Monel karena membuat kerajinan monel dengan berbagai hasil produk dengan pesona seni yang menawan.

Anda bisa menemukan berbagai hasil produk mulai dari cincin, kalung, gelang, hingga barang-barang lain yang dirancang dengan indah. Kerajinan monel ini bukan saja sebagai perhiasan yang memikat mata, namun juga sebagai karya seni yang merefleksikan keterampilan serta kreativitas pengrajin setempat.

Tidak hanya terletak pada kualitas seni yang tinggi, tetapi juga pada harganya yang ramah di kantong menjadikannya sebagai pilihan yang ideal sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Kota Jepara.

4. Kerajinan Tanah Liat

Desa Mayong Lor dengan segala pesonanya telah membuktikan diri sebagai pusat unggulan dalam menciptakan kerajinan tanah liat yang autentik. Keberagaman produk yang dihasilkan, mulai dari objek fungsional hingga karya seni bernilai estetika tinggi.

Produk-produk yang dihasilkan dari tangan-tangan terampil ini meliputi aneka jenis, mulai dari gerabah berfungsi sebagai alat dapur, kendi untuk ari-ari, hingga untuk persembahan sesaji.

Di samping itu, juga dihasilkan produk tanah liat lainnya, seperti genting dan beragam keramik. Dengan sentuhan tangan para perajin yang terampil, kerajinan tanah liat ini menjadi pilihan ideal sebagai oleh-oleh yang istimewa.

5. Kerajinan Batik

Selain kerajinan-kerajinan unggulan sebelumnya, kerajinan batik juga mewarnai ragam seni di Kota Jepara. Salah satu daya tarik utama dari batik khas Jepara terletak pada ragam motif yang menghiasi permukaan kain.

Motif flora dan fauna jadi motif yang paling banyak digandrungi oleh wisatawan. Ketelitian dalam setiap tahapan produksi, mulai dari pewarnaan hingga penggarapan detail motif, mencerminkan kesempurnaan dalam setiap karya.

Tak heran, kerajinan batik ini memiliki pangsa pasarnya sendiri yang luas dan beragam. Tidak hanya menarik minat para wisatawan lokal, tetapi juga memikat hati wisatawan mancanegara yang datang ke Jepara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya