SOLOPOS.COM - Lontong dekem khas Pemalang (jatengprov.go.id)

Solopos.com, PEMALANG — Anda pencinta kuliner atau petualang rasa nusantara sedang berlibur ke Pemalang, Anda wajib menjelajahi kelezatan kuliner khas Pemalang.

Di sini, Anda akan menemukan hidangan-hidangan khas Pemalang yang menggugah selera dan membuat lidah bergoyang.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Ini dia tiga kuliner khas Pemalang yang mampu menggugah selera:

1. Lontong Dekem

Kuliner khas Pemalang ini jadi salah satu jujugan wisatawan. Anda bisa menemui kuliner lontong dekem ini di Alun-alun Pemalang.

Lontong Dekem Pemalang
Lontong dekem Pemalang. (Istimewa/info.pemalangkab.go.id)

Berasal dari kata lontong dan dekem. Lontong merupakan makanan dengan bentuk panjang terbungkus daun pisang diisi dengan beras. Sementara dekem berasal dari bahasa Jawa yang bermakna duduk di lantai dengan posisi kaki tertekuk.

Dilansir dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id pada Senin (17/7/2023), isian lengkap lontong dekem berupa potongan lontong, kuah santan berwarna kuning menyerupai kuah gulai serta ditaburi serundeng kelapa, kerupuk yang diremuk, dan bawang goreng.

Lontong dekem ini cocok dinikmati pada sore atau malam hari karena rempah-rempahnya yang dapat menghangatkan tubuh.

2. Nasi Grombyang

Kuliner ini tidak dapat dijumpai di kota-kota lain. Hanya di Pemalang Anda bisa menemukan kuliner ikonik ini. Kuliner khas Pemalang ini terdaftar sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nasi Grombyang Pemalang
Nasi Grombyang Pemalang. (Istimewa/jatengprov.go.id)

Dijadikan warisan budaya tak benda karena mengacu pada cara pembuatannya yang masih menggunakan teknologi tradisional. Dilansir dari laman jatengprov.go.id, nama nasi grombyang diambil dari kata grombyang dalam bahasa Pemalang yang bermakna mengapung di permukaan atau bergoyang-goyang.

Anda bisa menemui kuliner ini di jalan-jalan sekitar Alun-alun Pemalang. Kuahnya yang dibuat dengan berbahan dasar kluwek membuat warna dan rasanya sekilas mirip seperti rawon namun lebih encer dan memiliki rasa gurih serta aroma lezat dari kelapa sangrai.

Cocok dinikmati di berbagai cuaca, nasi grombyang biasanya disajikan dengan satai kerbau yang dilapisi bumbu kelapa parut yang pekat menambah cita rasa yang khas.

3. Kepiting Lemburi

Bagi Anda pencinta seafood, kuliner khas Pemalang yang satu ini wajib untuk dicoba. Berbahan dasar kepiting lemburi atau kepiting soka yang merupakan kepiting bercangkang lunak, Anda bisa menikmati kuliner ini tanpa ada rasa waswas tertusuk tajamnya cangkang kepiting.

Kepiting Lemburi Pemalang
Kepiting Lemburi Lada Garam Pemalang.(Istimewa?Twitter @TaWanRestaurant)

Kuliner ini banyak mengandung gizi yang baik untuk tubuh, salah satunya kadar protein yang tinggi. Biasanya kepiting lemburi ini dimasak menggunakan saus asam manis, saus telur asin, saus tiram atau lada garam.

Kuliner yang satu ini dapat dijumpai di sekitar Jalan Pantura, Pemalang. Lunaknya kepiting yang dimasak menggunakan berbagai pilihan saus ini akan pecah dimulut ketika Anda menggigitnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya