SOLOPOS.COM - Oleh-oleh khas Pati Bandeng Presto Juwana. (Istimewa/tic.patikab.go.id)

Solopos.com, PATI — Kabupaten Pati dikenal dengan tempat wisatanya yang penuh sejarah dan bernuansa alam. Setelah berwisata seharian di Pati, sangat disayangkan jika pulang tanpa membawa buah tangan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa daftar oleh-oleh khas Pati yang bisa menjadi pilihan untuk dijadikan buah tangan:

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

1. Kacang Khas Pati

Salah satu hasil unggulan pertanian di daerah Kabupaten Pati adalah kacang tanah. Kacang khas Pati ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu ukurannya yang lebih besar dari kacang pada umumnya dan rasanya lebih gurih.

Kacang ini diolah sedemikian rupa dengan tambahan bumbu rempah. Lalu, disangrai atau digoreng hingga matang.

Beragam jenis produk kacang tersedia dengan variasi rasa yang bermacam-macam. Anda bisa membeli oleh-oleh ini di pusat oleh-oleh maupun toko-toko lokal. Oleh-oleh yang satu ini cocok dijadikan camilan saat bersama keluarga maupun dibagikan ke orang terdekat.

2. Bandeng Presto

Ketika berkunjung ke Kota Pati, Jawa Tengah, salah satu oleh-oleh yang tak boleh dilewatkan adalah bandeng presto. Meskipun oleh-oleh khas Pati ini mudah ditemui di kota lain, tetapi bandeng presto khas Pati memiliki cita rasa yang tak kalah enaknya. Tempat yang terkenal pengolahan ikan bandeng Pati yang satu ini berada di wilayah Juwana.

Bandeng presto merupakan olahan bandeng tulang lunak yang siap masak. Kunci utama masakan ini ada pada bumbunya yang khas dan tentunya menggugah selera.

Kemudian, dimasak dengan cara dipresto hingga durinya menjadi lunak. Makanan berbahan ikan bandeng ini bisa diolah jadi beragam masakan sesuai dengan selera masing-masing, seperti buat pepesan atau bandeng goreng.

3. Jeruk Pamelo

Buah hasil pertanian petani lokal masyarakat Pati yang satu ini juga tak ketinggalan untuk dijadikan oleh-oleh khas Pati. Jeruk pamelo atau sejenis jeruk bali hanya dibudidayakan di Desa Bageng.

Jeruk jenis ini memang dikenal memiliki rasa yang manis dan segar. Dengan ukurannya yang besar, jeruk ini memiliki kandungan air yang banyak sehingga terasa segar saat menikmatinya. Teksturnya lembut dan daging buahnya berwarna merah.

4. Kerupuk Ampo

Oleh-oleh yang satu ini sangat unik karena terbuat dari bahan dasar yang tidak biasa. Kerupuk ampo dibuat dari tanah liat yang diserut.

Proses pembuatannya juga masih sangat tradisional yaitu diserut layaknya stik cokelat. Meski terbuat dari tanah liat, camilan ini aman untuk dikonsumsi.

Tekstur dan warnanya mirip dengan dark chocolate. Uniknya ketika dimakan, ampo ini tidak memiliki rasa seperti tanah sedikit pun.

5. Carang Madu

Camilan oleh-oleh khas Pati yang satu ini memiliki bentuk mirip dengan rengginang, bedanya ukurannya lebih besar. Carang madu merupakan camilan yang dibuat dengan bahan campuran dari tepung beras, tepung ketan, dan air.

Kemudian diaduk hingga menyatu dan benar-benar mengental. Lalu, digoreng dengan teknik khusus hingga matang.

Diperlukan kehati-hatian dalam menggorengnya agar tidak gosong. Setelah digoreng dan ditiriskan, langkah selanjutnya diolesi larutan gula Jawa pada satu sisi carang madu.

Larutan gula Jawa tersebut nantinya akan meresap ke dalam sarang madu. Itulah yang membuat rasa carang madu cenderung manis dan gurih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya