SOLOPOS.COM - Para fnalis Duta Bahasa Jawa Tengah saat acara Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023 di Bandungan, Kabupaten Semarang, akhir pekan lalu. (Solopos.com-Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah)

Solopos.com, SEMARANG — Tegar Satya Prahara, wakil dari Kabupaten Batang, dan Jovita Anmria Cahya dari Kota Semarang terpilih sebagai putra dan putri Duta Bahasa Jawa Tengah tahun 2023. Keduanya terpilih setelah mengalahkan kandidat lainnya dalam Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023 yang digelar Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Syarifuddin, mengatakan Balai Bahasa Jawa Tengah sebagai UPT Kemendikbudristek memiliki tiga program prioritas, yakni penginternasionalan bahasa Indonesia, perlindungan bahasa daerah, dan literasi. Untuk mencapai tiga program prioritas itu, ada tiga strategi yang dilakukan yakni fokus, kemitraan, dan keberlanjutan.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Oleh karena itu, duta bahasa sebagai mitra kami menjalankan program tersebut harus fokus, bekerja sama dengan pemerintah daerah, dan duta daerah lainnya demi mencapai sasaran penutur bahasa di masing-masing kabupaten/kota, terutama generasi muda,” kata Syarifuddin saat acara Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023 di Hotel Griya Persada, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jumat-Minggu (9-11/6/2023).

Setelah terpilih nanti, lanjut Syarifuddin, seluruh finalis akan tergabung dalam Ikatan Duta Bahasa Jawa Tengah (Ikadubas) yang akan menjalankan beberapa program Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah secara berkelanjutan.

“Jadi, tugas Ikadubas tidak hanya sampai di Pemilihan Duta Bahasa Nasional,” jelasnya.

Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023 ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023 yang telah dimulai sejak 19 Februari 2023. Kriteria penilaian mencakupi implementasi krida, wicara publik, kemampuan berbahasa asing dan daerah, diskusi kelompok terpumpun, penampilan bakat, artikel kebahasaan, konten kebahasaan, serta wawancara mendalam.

Finalis yang terpilih akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Pemilihan Duta Bahasa Nasional.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah, Dian Respati Pranawengtyas, mengatakan Duta Bahasa Jawa Tengah merupakan mitra Balai Bahasa dalam menggerakkan literasi generasi muda di Jawa Tengah. Siapa pun yang terpilih merupakan yang terbaik dan siap untuk berangkat ke Pemilihan Duta Bahasa Nasional.

“Saya berharap nantinya finalis dapat bermitra untuk melaksanakan program-program Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah,” ujar Dian.

Berikut daftar pemenangan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023

  • Juara I putra Tegar Satya Prahara Kabupaten Batang
  • Juara I putri Jovita Anmaria Cahya Kota Semarang
  • Juara II putra M.Yusup Febrian Kabupaten Brebes
  • Juara II putri Amri ‘Inayah Kabupaten Kebumen
  • Juara III putra Ardhi Nur Ikhsan Kabupaten Pekalongan
  • Juara III putri Mustika Maharani Alamsyah Kota Semarang
  • Pemenang favorit putra Putra Afrizal Adi Prayoga Kabupaten Sukoharjo
  • Pemenang favorit putri Dwiana Nur Rizki Hanifah Kabupaten Banyumas
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya