SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menghukum PNS dengan menyuruhnya melakukan posisi hormat kepada bendera merah-putih selama setengah jam. (Instagram-@hendrarprihadi)

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menghukum PNS yang tak disiplin dengan menyuruhnya melakukan posisi hormat kepada bendera selama setengah jam.

Semarangpos.com, SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menghukum pegawai negeri sipil (PNS) yang tak disiplin saat mengikuti apel pagi dengan menyuruhnya melakukan posisi hormat kepada bendera merah-putih selama setengah jam. Hal itu ia kabarkan melalui akun Instagramnya, @hendrarprihadi, Senin (27/3/2017).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Sayang, Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—tak menyebutkan lokasi saat ia menghukum PNS peserta apel pagi tersebut. Namun khalayak dunia maya (netizen) menduga peristiwa unik itu terjadi di lingkungan Balai Kota Semarang, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). “Walaupun harinya kejepit, tapi kerjanya harus tetap on speed,” tulis sang wali kota dalam keterangan foto saat dirinya memberikan hukuman.

Ia menambahkan aparatur sipil negara (ASN) tersebut diberi hukuman dengan melakukan posisi hormat selama setengah jam. “Hari ini yang tidak disiplin saya minta hormat bendera minimal setengah jam—supaya lebih menghormati negara sehingga bisa bersikap lebih disiplin,” imbuh Hendi.

Dari foto yang diunggah wali kota Semarang itu, terlihat PNS yang mendapat hukuman tak menggunakan topi seperti PNS lain yang mengikuti apel pagi. Hal itulah yang diduga netizen sebagai penyebab PNS tersebut mendapatkan hukuman.

Sikap Hendi kepada PNS yang tak displin itu itu pun menuai pujian dari netizen. Mereka menganggap tindakan sang wali kota sudah tepat untuk memberikan efek jera kepada para ASN yang tak disiplin. “Hebat panjenengan. Saya hormat sekali dengan kiprah seperti ini. Lanjutkan,” tulis pengguna akun Instagram @ituyanti.

“Lanjutkan mas Hendi, buat disiplin anggota PNS,” timpal pengguna akun Instagram @yudiimanprasetyo.

Namun sebagian netizen lain merasa hukuman yang diberikan Hendi kepada PNS tersebut masih kurang. Mereka menyarankan agar Hendi memberikan sanksi lebih agar ASN menjadi lebih disiplin.

“Mungkin hormat bendera setengah jam tidak mengurangi rasa jera pak, harus diberi sanksi setidaknya membuat jera dan bisa lebih disiplin ini opini saya pak bisa disanggah,” tulis pengguna akun Instagram @khrisnawan_motovlogs.

Kiriman foto wali kota Semarang saat menghukum PNS yang tak disiplin itu telah mendapat lebih dari 1.000 likes dari netizen. Selain itu, kiriman tersebut juga sudah beberapa kali dibagikan, baik di media sosial Instagram maupun Facebook. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya