SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita Rahayu. (Solopos/Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG – Wali Kota Semarang Hevearita Rahayu atau Mbak Ita tak menggelar gelar raya atau open house pasca-Salat Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menggelar ibadah salat Idul Fitri 1444 Hijriyah di halaman Balai Kota, Jl Pemuda, Sabtu (22/4/2023).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Menurut rencana, salat Idul Fitri di halaman Balai Kota akan dimulai pukul 06.15 WIB dan terbuka bagi masyarakat umum. 

Dalam salat Idul Fitri itu nanti, yang akan bertindak selaku khatib sekaligus imam adalah Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA. yang merupakan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia.

“Mangga kepada warga masyarakat yang ingin melaksanakan salat Idul Fitri bisa bersama-sama menunaikannya di halaman Balai Kota. Akan hadir Ibu Wali Kota, Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kota Semarang,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin, Kamis (20/4/2023).

Usai salat Idul Fitri, wali kota akan langsung mengadakan halal bihalal bersama jajaran Forkopimda dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Semarang.

Warga masyarakat dan jamaah salat Idul Fitri pun berkesempatan untuk bersalaman dan bermaaf-maafan dengan wali kota, Forkopimda beserta jajaran Pemkot Semarang.

Digelarnya halal bihalal secara langsung usai salat Id juga menjadi momen satu-satunya warga Kota Semarang untuk bermaaf-maafan dengan Mbak Ita. Hal ini lantaran wali kota perempuan pertama itu tidak menggelar open house.

“Jadi istilahnya halal bihalal, bukan open house. Salaman, kami beri semacam hampers, selesai, tidak khusus ada open house,” jelas Ita.

Kebijakan serupa juga dilakukan oleh wali kota terdahulu, Hendrar Prihadi saat perayaan Lebaran 2022. Kala itu, situasi transisi usai badai Covid-19 membuat pemerintah meniadakan segala macam pertemuan dalam jumlah besar, termasuk open house oleh kepala daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya