SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (dua dari kiri) saat menggelar sidak di PT Havindo Pakan Optima, Kota Semarang, Selasa (14/11/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas Pemkot Semarang)

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke salah satu pabrik makanan ternak.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pabrik makanan ternak, PT Havindo Pakan Optima, yang terletak di Kawasan Industri Candi, Kota Semarang, Jawa Tengah mendapat kunjungan mendadak dari orang nomor satu di Kota Semarang, Wali Kota Hendrar Prihadi, Selasa (14/11/2017).

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Kedatangan mendadak wali kota yang akrab disapa Hendi itu tak pelak mengejutkan para karyawan di pabrik tersebut. Beberapa petugas keamanan bahkan sempat panik hingga keluar-masuk pabrik untuk berkoordinasi dengan rekan-rekannya.

Kunjungan Hendi ke pabrik PT Havindo Pakan Optima itu rupanya untuk menggelar inspeksi mendadak (sidak). Maklum, selama ini Hendi mengaku banyak mendapat laporan jika produk yang dihasilkan dari pabrik itu mengandung banyak kutu.

“[Pabrik] sudah diminta berhenti sementara untuk fumigasi. Sudah dilakukan kan? Tapi, ini kok kutunya masih ada?” tanya Hendi kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, yang turut serta dalam sidak itu seperti rilis yang diterima Semarangpos.com dari Humas Pemkot Semarang, Selasa.

Hendi menilai fumigasi harus dilakuakan oleh PT Havindo Pakan Optima. Jika tidak segera dilakukan akan berdampak pada pabrik-pabrik yang ada di sekitarnya.

“Kasihan pabrik-pabrik di sebelah, ada yang produksi makanan dan pakaian. Pabrik itu kan bisa terganggu,” tutur Hendi.

Dalam sidak itu, Hendi sempat ditemui oleh pemilik pabrik. Pemilik pabrik lantas menunjukkan Hendi fumigasi yang telah dilakukan pabriknya.

Pemilik pabrik itu juga menunjukkan beberapa karung berisi pakan ternak produksi pabrik tersebut yang telah dibungkus plastik agar tidak dihinggapi kutu.

Seusai melakukan kunjungan, Hendi mengaku sidak itu dilakukan untuk menjaga keberlangsungan kegiatan bisnis di Kota Semarang. “Ini bukan sidak. Ini mengajak rembukan. Baiknya bagaimana? Upayanya bagaimana, jangan sampai ada yang dirugikan. Kita juga inginnya pabrik ini tidak merugi. Tapi, caranya kan harus dicari,” beber Hendi.

Hendi menambahkan seandainya telah dilakukan fumigasi tapi masih tetap ada kutu dalam produk PT Havindo Pakan Optima, pihaknya pun siap memberikan jalan keluar mulai dari relokasi hingga cara yang lain.

“Kalau keberatan relokasi, caranya bagaimana supaya pabrik di sekitarnya tetap bisa beraktivitas normal dan tidak terganggu kutu-kutu. Itu yang harus dicari,” beber Wali Kota Semarang itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

PKB Pagari Calon Luar Partai untuk Maju Pilkada Karanganyar

PKB Pagari Calon Luar Partai untuk Maju Pilkada Karanganyar
author
Astrid Prihatini WD Kamis, 2 Mei 2024 - 13:35 WIB
share
SOLOPOS.COM - DPC PKB Karanganyar bersama Dewan Syuro dan PAC saat menggelar konferensi pers di Ruang Fraksi PKB pada Kamis (2/5/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR-Konstelasi politik di Kabupaten Karanganyar menjelang Pilkada makin dinamis. Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Karanganyar memagari calon dari luar partai untuk maju dalam konstestasi Pilkada Karanganyar yang akan digelar pada 27 November nanti.

Dua kader partai resmi diusulkan sebagai calon wakil bupati (cawabup) ke DPP PKB. Kedua nama itu masing-masing Tony Hatmoko dan Sulaiman Rosyid.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Ketua Tim Penjaringan Pilkada DPC PKB Karanganyar Tiara Puspita mengatakan PKB telah menggelar rapat internal pada Rabu (1/5/2024). Rapat dihadiri 17 pimpinan anak cabang (PAC) dan seluruh struktural partai, Dewan Syuro, Dewan Tanfidz.

Hasil rapat tersebut sepakat dan bulat mengusung kader internal PKB untuk maju ke Pilkada Karanganyar. Hal ini untuk menghargai dan menghormati kader internal yang sudah memberikan konstribusi untuk kebesaran PKB.

Koran Solopos

“Jadi jangan sampai orang luar, bukan kader dan tidak berkeringat untuk PKB maju di Pilkada Karanganyar dari partai kami. Kami tidak ingin pihak-pihak di luar partai yang muncul dan ingin memaksakan kehendak untuk kepentingan transaksional,” katanya, Kamis (2/5/2024).

Dia mengatakan PKB Karanganyar menginginkan kader internal yang memegang peranan penting sebagai cawabup. Tidak calon dari luar partai yang ujung-ujungnya merusak partai. Dari internal partai, dia mengatakan PKB resmi mengusulkan nama Tony Hatmoko dan Sulaiman Rosyid sebagai cawabup dari PKB.

Usulan ini resmi akan diserahkan ke DPP PKB Karanganyar. Internal partai sepakat menutup kesempatan dari pihak luar yang maju Pilkada dari PKB Karanganyar.

Emagazine Solopos

Meski demikian, DPC PKB Karanganyar tetap membuka pendaftaran bakal calon bupati dan calon wakil bupati baik secara online maupun offline. “Dari kami tetap dua nama kader internal itu yang diajukan. Kalau ada calon dari luar daftar silahkan saja mendaftar. Nanti kita serahkan juga,” katanya.

Diakuinya ada calon luar partai yang getol mendekati PKB. Bahkan makin santer beredar kabar bakal diusung PKB, sehingga DPC PKB perlu memagari calon luar partai.

Sekretaris DPC PKB Karanganyar Offi Hartanto mengatakan usulan Tony Hatmoko dan Sulaiman Rosyid sudah bulat menjadi keputusan bersama 17 PAC dan DPC. Tony Hatmoko merupakan kader senior yang sudah bersama membesarkan PKB sejak 2009.

Interaktif Solopos

Saat itu PKB hanya satu kursi dan sekarang lima kursi DPRD. Sementara Sulaiman Rosyid merupakan Ketua DPC PKB Karanganyar dan kader Nahdlatul Ulama (NU).

“Kami berharap DPP PKB mendengar suara arus bawah. Tapi apapun kami siap tegak lurus partai,” katanya.

Dewan Syuro PKB Karanganyar yang juga Ketua Tim Kampanye Pilkada Muhammad Irysam meminta DPP mendengar suara bawah dalam menetapkan cawabup yang akan diusung PKB di Pilkada Karanganyar. Dia mengatakan calon yang akan diusung harus kader internal karena memiliki kedekatan secara emosional dengan partai. Berbeda dengan calon luar partai yang dikhawatirkan lupa dan hanya ingin menguasai PKB saja.



“Kami takutnya hanya menjadi batu loncatan saja kalau calon dari luar partai. Jadi mestinya kader internal yang maju,” kata dia.

Dia mengatakan kader-kader internal partai banyak mumpuni dan layak diusung. Sehingga jangan calon dari luar partai.

Ketua PAC Karangpandan Erwin Pratmanto mengatakan sangat berharap kader internal partai yang diusung sebagai cawabup. Apalagi  Tony Hatmoko sudah memiliki track record dan rekam jejak untuk membangun PKB Karanganyar.

Senada Ketua PAC Tasikmadu Totok Dwi Wanto mendukung Tony Hatmoko maju sebagai cawabup dari PKB. Dia mengatakan Tony Hatmoko mampu membawa PKB meraih dari satu kursi menjadi lima kursi DPRD Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Yakin Menang, Presiden Jokowi bakal Nonton Timnas vs Irak di Kamar

Yakin Menang, Presiden Jokowi bakal Nonton Timnas vs Irak di Kamar
author
Newswire , 
Mariyana Ricky P.D Kamis, 2 Mei 2024 - 13:14 WIB
share
SOLOPOS.COM - Timnas U-23 Indonesia menghadapi Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23, Senin (29/4/2024) malam. (Istimiewa/PSSI)

Solopos.com, SUMBAWA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih untuk menyaksikan laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 Qatar yang mempertemukan tim nasional Indonesia melawan Irak, Kamis (2/5/2024) malam, di kamar.

“Nonton di kamar,” kata Presiden Jokowi saat ditanya awak media di sela kunjungan kerja meninjau fluktuasi harga pangan di Pasar Tradisional Seketeng Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dilansir Antara.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Saat kembali ditanya terkait harapannya pada laga di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis pukul 22.30 WIB itu, Presiden berharap timnas Indonesia menang. “Menang insyaallah,” katanya.

Koran Solopos

Sebelumnya pada laga semifinal timnas Indonesia melawan Uzbekistan pada Senin (29/4/2024) malam, Presiden mengajak sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) dan perwakilan relawan nonton bareng (nobar) di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Namun pada hari ini, Presiden Jokowi diketahui tengah berada di Provinsi NTB dalam rangka kunjungan kerja meresmikan infrastruktur jalan hingga bendungan.

Selain itu, Jokowi bersama rombongan terbatas juga menyempatkan waktu meninjau pasar tradisional untuk mengecek fluktuasi harga.

Emagazine Solopos

Timnas Indonesia memperoleh peluang merebut tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 setelah takluk dari Uzbekistan dengan skor 0-2 pada laga semifinal di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Dalam laga malam nanti, Indonesia akan meladeni Irak yang sebelumnya kalah 0-2 dari Jepang pada babak semifinal. Pemenang laga malam ini bakal mendapat satu tiket lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Memuliakan Perempuan

Memuliakan Perempuan
author
Ichwan Prasetyo Kamis, 2 Mei 2024 - 12:55 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ginanjar Saputra (Solopos/Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Perempuan, dalam segala keberagaman dan kompleksitasnya, telah menjelma sebagai simbol kemuliaan dalam peradaban manusia. Perempuan menempati posisi yang beragam dalam struktur sosial.

Perempuan menjadi pemimpin bisnis yang tangguh, profesional yang penuh tanggung jawab, pekerja lepas yang kreatif, hingga ibu rumah tangga yang anggun. Peran mereka di tengah masyarakat sangatlah penting.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Sebagai ciptaan Tuhan yang mampu mengandung, melahirkan, dan menyusui, perempuan memang layak dimuliakan dengan porsi dan posisi yang tepat.

Laki-laki dewasa yang berakal tentu mampu memuliakan perempuan tanpa harus merendahkan diri dengan segala kompleksitas interaksi antargender dalam ikatan hubungan apa pun.

Koran Solopos

Hubungan antara perempuan dan laki-laki merupakan jalinan kompleksitas emosi, keinginan, dan harapan. Sikap perempuan terhadap laki-laki tercermin dalam cara mereka berinteraksi satu sama lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, perempuan mulia menunjukkan kedewasaan dan kebijaksanaan dalam mendukung, memahami, dan menghargai peran laki-laki dalam keluarga dan masyarakat.

Dalam ikatan hubungan yang lebih dalam, justru ada kalanya pelecehan atas kemuliaan perempuan terjadi, salah satunya melalui perselingkuhan. Berselingkuh bisa dibilang sebagai salah satu cara terhalus laki-laki untuk menginjak-injak harkat dan martabat perempuan.

Emagazine Solopos

Sebaliknya, perempuan yang secara sadar melakukan perbuatan tak terpuji tersebut sudah bisa dibilang menjatuhkan harga dirinya. Perselingkuhan telah lama menjadi sumber konflik dalam hubungan manusia.

Perempuan sering kali menjadi pusat perhatian dalam konteks perselingkuhan, baik sebagai korban maupun pelaku. Perlu diingat bahwa kesetiaan adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya satu pihak.

Perempuan yang teguh dalam kemuliaan akan menolak godaan perselingkuhan, menjaga komitmen dalam hubungan, dan menghargai nilai-nilai kesetiaan.

Interaktif Solopos

Kesetiaan adalah fondasi hubungan yang sehat dan berkelanjutan. Perempuan sering kali dianggap sebagai penjaga kesetiaan dalam hubungan, tetapi pada kenyataannya, kesetiaan adalah tanggung jawab bersama kedua belah pihak.

Perempuan yang memegang teguh kemuliaan akan selalu menjaga kesetiaan dalam hubungan, menciptakan ikatan yang kuat dan harmonis. Sebagai simbol kemuliaan, perempuan juga kerap diibaratkan sebagai tulang rusuk lembut yang terlepas dari dada lelaki pasangannya.

Sedangkan lelaki selalu diibaratkan sebagai tulang punggung kuat yang mampu menopang beban keluarga dengan gagah perkasa, termasuk menjaga kemuliaan serta derajat keluarganya.



Pada era sekarang, kemuliaan perempuan tak jarang disalahartikan. Banyak perempuan yang mengejar karier demi membuktikan kehebatan yang setara dengan lelaki. Tak ada yang salah pada perempuan karier asalkan jangan sampai salah memosisikan diri di sisi laki-laki.

Perempuan yang memilih jalan berkarier acapkali dianggap sebagai simbol kesetaraan gender. Anggapan itu sudah mulai menjadi kacamata untuk merendahkan kemuliaan perempuan yang memilih menjadi ibu rumah tangga.

Tanpa mengurangi derajat perempuan karier yang tangguh, peran sebagai ibu rumah tangga adalah salah satu peran paling mulia yang dapat diemban oleh seorang perempuan. Di balik tumpukan pekerjaan rumah tangga yang mungkin terlihat sederhana, terdapat kesabaran, kasih sayang, dan pengorbanan yang luar biasa.

Ibu rumah tangga adalah pilar keluarga yang menjaga kehangatan dan keutuhan rumah tangga, serta mengembangkan nilai-nilai moral kepada anak-anak. Menjadi ibu rumah tangga dengan penuh kesabaran dan keikhlasan adalah salah satu jalan bagi perempuan untuk mencapai derajat kemuliaan yang tinggi.

Meski sering kali dianggap remeh, menjadi ibu rumah tangga adalah pilihan yang sama mulianya dengan menjadi seorang profesional. Mereka adalah arsitek keluarga yang menciptakan ikatan kasih sayang, keamanan, dan kestabilan.

Melalui penghormatan terhadap peran-peran yang dimainkan oleh perempuan, baik di ranah publik maupun privat, kita akan dapat lebih menghargai dan memahami esensi dari kemuliaan mereka dalam membangun masyarakat yang lebih adil, harmonis, dan berkelanjutan.

Ketika kita merenungkan kemuliaan perempuan, mari kita jauhkan diri dari stereotipe dan mengakui kekuatan dan keunikan yang mereka bawa ke dalam dunia ini. Muliakan perempuan dengan tepat karena kita semua lahir dari rahim para perempuan kuat!

(Esai ini terbit di Harian Solopos edisi 30 April 2024. Penulis adalah wartawan Solopos Media Group)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories