SOLOPOS.COM - Ilustrasi Wana Wisata Sumber Semen di Rembang. (https://kecsale.rembangkab.go.id/kunjungan-wakil-bupati-rembang-ke-wana-wisata-sumber-semen/)

Solopos.com, REMBANG — Kabupaten Rembang di Jawa Tengah (Jateng) memang memiliki banyak tempat wisata yang menyimpan cerita bersejarah. Salah satu tempat wisata di Rembang itu tak lain adalah Wana Wisata Sumber Semen.

Tempat wisata ini terletak di Desa Gading, Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Tempat wisata ini juga menyajikan konsep wisata alam berupa hutan lindung (pohon jati) yang lengkap dengan berbagai macam fasilitas wisata yang cocok untuk berwisata bersama keluarga di akhir pekan.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Pengelolaan wana wisata ini berada di bawah Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jateng. Dikutip dari berbagai sumber, Taman Wisata Alam (TWA) Sumber Semen Rembang berkaitan erat dengan kisah Mahapatih Gajah Mada setelah Perang Bubat. Setelah perang itu, Gajah Mada konon sempat mencari suaka politik hingga akhirnya mendapat petunjuk yang mengarah ke sebuah tempat pesemaian dan terdapat sumber mata air. Tempat itulah yang saat ini dinamakan Wana Wisata Sumber Semen di Rembang. Kata “semen” tersebut bukan mengarah kepada bahan bangunan, melainkan diambil dari kata pesemaian.

Wana Wisata Sumber Semen ini diperkirakan sudah ada sejak zaman kolonial. Kemudian di tahun 1975, kawasan tersebut dibuka untuk umum sebagai sebuah tempat wisata alam yang nyaman untuk dikunjungi. Wana Wisata Sumber Semen memiliki luas 1.710 hektare.

Di dalam tempat ini terdapat sumber mata air yang berfungsi untuk kebutuhan wisata dan juga sebagai sumber air PDAM. Di tempat ini juga terdapat sebuah mitos. Mitos di Wana Wisata Sumber Semen Rembang merujuk kepada sebuah cerita yang berkembang dan berkaitan erat dengan keberadaan sebuah gua kecil yang bernama Goa Rambut.

Daya tarik utama objek wisata ini adalah kolam renang Sumber Semen atau dikenal juga dengan pemandian Sumber Semen. Kolamnya sangat luas, tertata dengan baik, dan airnya langsung berasal dari mata air di area tersebut. Selain itu, kolam ini dikelilingi pepohonan besar yang membuat suasana menjadi sejuk dan teduh.

Daya tarik lain dari Wana Wisata Sumber Semen Rembang adalah keberadaan gua kecil yang bernama Goa Rambut. Karena memiliki mitos, terdapat beberapa aturan khusus bagi pengunjung yang ingin masuk ke gua itu dan harus dipandu oleh seorang petugas khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya