SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu didampingi suami, menyalami masyarakat saat "open house" menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah, di Balai Kota Semarang, Rabu (10/4/2024). (ANTARA/HO-Pemkot Semarang)

Solopos.com, SEMARANG – Antrean warga membaur dengan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) terlihat pada open house yang digelar Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyambut Lebaran 2024 di balai kota setempat.

Setelah melaksanakan salat Idulfitri 1445 Hijriah di Balai Kota Semarang, Rabu (10/4/2024), warga dan jajaran OPD langsung berbaris rapi untuk saling bersalaman dan mengucapkan maaf.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Leanai, warga Semarang Utara yang ikut mengantre untuk bersalaman dengan wali kota mengaku baru pertama kali melaksanakan Shalat Id di Balai Kota Semarang dan mengikuti open house.

“Senang dan gembira sekali bisa Lebaran bersama Bu Wali Kota. Tentu saja sangat senang bisa melihat secara langsung dan bisa salim (bersalaman),” katanya, dilansir Antara.

Senada, Henry, warga Banyumanik juga mengatakan selama ini memang ingin melaksanakan Shalat Id di Balai Kota Semarang dan baru pada Lebaran tahun ini berkesempatan.

“Kebetulan baru pertama kali. Biasanya (Lebaran) di rumah, ini pingin suasana yang berbeda,” kata Henry.

Ia tidak menyangka Balai Kota Semarang ramai karena bersamaan digelarnya open house dengan Wali Kota Semarang.

Bahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga menyediakan sajian santapan bagi warga masyarakat yang hadir mengikut kegiatan open house yang memang terbuka untuk umum.

“Ramai sekali. Ada makanan juga, dari pemkot nyediain makanan. Ada soto, opor, siomay, bakso dan lain-lain. Kebetulan keluarga juga lagi pergi, jadi ke sini sendiri,” katanya.

Sementara itu, Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita mengatakan bahwa Lebaran tahun ini di Balai Kota Semarang sedikit berbeda dengan tahun lalu karena diadakan open house.

“Karena tahun lalu masih ada covid, jadi kami tidak melakukan kegiatan open house karena adanya pembatasan-pembatasan. Berbeda dengan sekarang. Alhamdulillah masyarakat sangat antusias,” kata Ita.

Terhitung, sudah delapan tahun ini Ita melakukan salat Idulfitri di halaman Balai Kota Semarang bersama masyarakat.

Namun, pada tahun ini dirinya sengaja membuka open house dengan lebih awal agar bisa menyapa dan bersilaturahmi dengan jajaran OPD dan masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah, kami bisa bersama-sama dengan masyarakat. Senang karena tadi pada antusias. Saya minta jangan lama-lama open house karena pasti mereka punya kegiatan dengan keluarga dan tradisinya Jawa, khususnya ziarah ke makam leluhur,” katanya.

Setelah open house di Balai Kota Semarang, Ita berencana bersilaturahmi kepada Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jateng, dan Pangdam IV Diponegoro.

“Saya akan bersilaturahmi ke Pj Gubernur Jateng, Kapolda dan Pangdam. Yang pertama memang open house bersama masyarakat karena masyarakat adalah prioritas,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya