SOLOPOS.COM - Warga Plumbon, Suruh, Kabupaten Semarang, Kurnia Kartika Sari, saat menunjukkan TV miliknya sudah tidak ada salurannya, Kamis (3/11/2022). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG–Dihentikannya saluran TV analog oleh pemerintah dan mengalihkan ke TV digital, membuat sejumlah warga Kabupaten Semarang harus bersabar.

Hal ini karena pembagian gratis Set top box (STB) masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Dalam proses penyaluran STB, disalurkan oleh pihak ketiga yang ditunjuk langsung dari Kemenkominfo,” ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Semarang Wiwin Sulistyowati saat dihubungi Solopos.com, Jumat (4/11/2022).

Ia membeberkan untuk jumlah warga penerima STB di Kabupaten Semarang ada sekitar 24.000-an orang. Penentuan penerima bantuan itu juga dilakukan oleh Kemenkominfo.

“Untuk by name by address (BNBA) yang menentukan Kementerian, dalam hal ini kita juga tidak bisa mengajukan,” papar dia.

Baca Juga: 2025, Tak Hanya Indonesia TV Analog Hilang di Seluruh Dunia

Diakuinya, sosialisasi terkait peralihan TV analog ke TV digital sudah dilakukan. Saat ini terkait bantuan STB sudah mulai bimbingan teknis untuk penyaluran. Ia tidak begitu tahu prosesnya karena sepenuhnya dilakukan oleh Kemenkominfo.

Sebelumnya, warga Suruh, Kabupaten Semarang kebingungan setelah siaran TV di rumahnya tidak ada salurannya. Salah satunya yang dialami Kurnia Kartika Sari, ia mengaku kaget setelah saat menyalakan TV, sudah tidak ada salurannya.

“Pagi tadi setelah Salat Subuh saya mau melihat TV, tapi malah tidak ada sinyalnya,” kata Tika, Kamis (3/11/2022).

Menurut dia, TV merupakan salah satu hiburan bagi keluarganya.

“Anak-anak saya senang kalau melihat TV, tapi kalau sinyalnya hilang begini ya mau bagaimana lagi,” papar dia.

Ia berharap bantuan STB dari pemerintah dirinya bisa mendapatkan bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya