SOLOPOS.COM - Rombongan warga Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara, berjalan kaki di sepanjang jalan desa, Selasa (29/8/2023). (jatengprov.go.id)

Solopos.com, SOLO-Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, untuk kali kedelapan menggelar kirab Boyong Oyot Genggong, Selasa (29/8/2023). Tradisi ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati hari jadi Desa Kalilunjar.

Oyot atau akar yang berusia ratusan tahun dari Dukuh Genggong dibawa warga dengan berpakaian adat berjalan kaki menuju Pendapa Purwosari diselingi pertunjukan kolosal yang mengisahkan perjalanan membawa oyot tersebut.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Pj Bupati Banjarnegara, Ketua DPRD Banjarnegara beserta jajarannya, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Camat Banjarmangu serta Kepala Desa Kalilunjar turut serta dalam rombongan kirab dengan menaiki dokar hias.

Kepala Desa Kalilunjar, Slamet Raharjo, menuturkan Boyong Oyot Genggong menggambarkan sejarah Desa Kalilunjar yaitu bergantinya pusat pemerintahan desa yang dulunya berada di Dukuh Genggong pindah ke Pendapa Purwosari di Kabupaten Banjarnegara.

“Acara ini sebagai pengingat bagi warga tentang sejarah dan proses para pendiri atau pemimpin terdahulu dalam membangun Desa Kalilunjar ini,” katanya.

Sebanyak 2.023 tumpeng juga dibuat oleh warga secara bersama-sama sebagai wujud rasa syukur warga di tahun 2023 ini. Selain itu ada gunungan berisi hasil bumi yang jadi rebutan warga.

“Ini wujud gotong royong warga dalam penyelenggaraan kegiatan dan menjaga tradisi desa,” jelasnya dikutip dari laman banjarnegarakab.go.id pada Rabu (30/8/2023).

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan  tersebut. Menurut dia, semangat warga Desa Kalilunjar sangat luar biasa dalam melestarikan tradisi.

Ia juga berpesan agar warga Kalilunjar menjadikan urip iku murup atau hidup itu bercahaya. Maknanya setiap individu dalam kehidupannya bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri, orang lain dan lingkungan.

“Semoga warga Desa Kalilunjar ini semakin guyub rukun, makmur dan sejahtera,” ujarnya.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya