SOLOPOS.COM - Ilustrasi takbir keliling. (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SALATIGA — Setelah sempat vakum lantaran pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Salatiga mengizinkan masyarakat melaksanakan takbir keliling di Idulfitri tahun ini.

Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, menegaskan berdasarkan hasil rapat koordinasi antara pemerintah kota Salatiga dengan Polres Salatiga dan lintas instansi telah menyetujui adanya takbir keliling.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Hasil koordinasi Pemkot dengan Polres dan lintas instansi, takbir keliling diperbolehkan,” terang Sinoeng kepada Solopos.com, Rabu (19/4/2023).

Walaupun diperbolehkan, lanjut Sinoeng, pihaknya berharap masyarakat melaksanakan dengan tetap menjaga ketertiban dan disarankan lebih utama dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Disarankan lebih utama dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” kata Sinoeng.

Aturan terkait takbir keliling Kota Salatiga tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 400.8/761. Dalam SE itu disebutkan masyarakat diimbau melaksanakan takbiran di masjid atau musala.

Jika melaksanakan takbir keliling atau pawai harus memperhatikan beberapa hal, seperti dilaksanakan di tingkat kelurahan. Berkoordinasi dengan Lurah, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa. Selain itu tidak diperkenankan melalui rute di jalan protokol atau jalan utama.

Pada Sabtu (22/4/2023) pagi, Pj. Wali Kota Salatiga juga akan melaksanakan open house di rumah dinas Wali Kota di Jalan Diponegoro Nomor 1 Salatiga.

“Insyaallah ada open house yang menurut rencana akan dilaksanakan pada Sabtu 22 April 2023 mulai pukul 08.00 WIB-11.30 WIB,” ungkap Sinoeng.

Masyarakat diperbolehkan berkunjung ke rumah dinas Wali Kota Salatiga untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan Pj. Wali Kota Salatiga dan jajarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya