SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa. (Freepik.com)

Solopos.com, TEGAL — Gempa bumi dengan kekuatan 6,6 Magnitudo di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (30/6/2023) malam, getarannya sempat dirasakan sejumlah warga di Jawa Tengah (Jateng), termasuk di Kota Tegal. Warga bahkan mengaku sejumlah perabotan di dalam rumah sempat bergetar atau bergoyang dalam jangka waktu beberapa menit.

Hal tersebut dirasakan seorang warga Kecamatan Kramat, Kota Tegal, Dian Alifia. Ia mengaku getaran gempa yang terjadi di Bantul sempat terasa hingga ke tempat tinggalnya selama satu menit.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

“Sempat getar sedikit tadi di rumah. Tapi, kalau paling terasa getarannya ya di kasur,” ungkap Dian kepada Solopos.com, Jumat malam.

Saat kejadian, Dian menceritakan tengah tiduran bersama anaknya di kasur. Saat gempa datang, awalnya ia mengira sakit kepala datang menyapanya hingga membuatnya terasa bergoyang.

Namun ia akhirnya sadar ternyata gempa saat melihat meja dan gantungan baju, serta beberapa perabotan di rumahnya ikut bergetar.

“Tadi masih tiduran. Terus karena tak kira aku yang geliyeng [pusing] kebanyakan daging kambing, eh ternyata lindu [gempa],” katanya.

Senada, warga Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Ayu Wulandari, 27, juga mengaku gempa terasa hingga ke kampungnya. Namun, gempa tersebut berlangsung hanya dalam hitungan detik.

“Bentar, enggak ada semenit. Terus tadi kasur dan lampu-lampu rumah yang getaranya cukup kelihatan dan kerasa. Kalau rumah, sedikit [terasa] sih,” kata Ayu.

Sementara itu, dikutip dari situs web warning.bmkg.go.id, gempa berkekuatan Magnitudo 6,4 itu terjadi di laut, 86 km Barat Daya Bantul. Gempa juga dirasakan di wilayah Kulonprogo, Nganjuk, Kebumen, Ponorogo, Kediri, hingga Mojokerto.

BMKG juga menyarankan agar masyarakat berhati-hati dengan adanya gempa susulan yang mungkin bisa terjadi sewaktu-waktu. “Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis saran BMKG melalui laman web warning.bmkg.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya