SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (JIBI/dok)

Foto ilustrasi. (JIBI/dok)

Waspada bencana di Temanggung terus digalakkan. BPBD Temanggung mengimbau masyarakat untuk mewaspadai angin puting beliung

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

 

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai angin langkisau (puting beliung) saat memesuki pancaroba.

“Bencana alam puting beliung sering terjadi setiap kali memasuki perubahan musim maka masyarakat perlu waspada,” kata Kasi Kebencanaan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi di Temanggung seperti dikutip Antara, Kamis (12/3/2015).

Bedasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Semarang, pergantian musim akan terjadi pada pertengahan Maret ini.

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, kata dia, bencana alam yang sering terjadi pada pergantian musim adalah angin langkisau. Bencana tersebut biasa terjadi di lereng Gunung Sindoro, Sumbing dan Prau.

“Bisa jadi pancaroba tahun ini mundur karena hingga saat ini sebagian besar wilayah di Kabupaten Temanggung masih diguyur hujan,” katanya.

Berdasarkan catatan BPBD, pada tahun 2014 angin langkisau melanda di Kecamatan Tembarak, Kedu, Temanggung, Ngadirjo, Kranggan, Parakan, Pringsurat, dan Kecamatan Tlogomulyo.

Ia menyebutkan dari Januari hingga awal Maret 2015 angin langkisau sudah terjadi di beberapa wilayah, yakni di Desa Wonosari Kecamatan Bulu yang menyebabkan tujuh rumah rusak ringan dan satu rusak berat, di Desa Krajan I dan Karajan II Kecamatan Pringsurat menyebabkan dua rumah rata dengan tanah, dan di Dusun Tanjungsari Kecamatan Kandangan menyebabkan satu rumah roboh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya