SOLOPOS.COM - Ilustrasi gelombang laut atau ombak tinggi. (Dok. Solopos.com - Antara/Idhad Zakaria)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terhadap kondisi cuaca ekstrem dan gelombang tinggi di Laut Jawa, yang meliputi perairan Rembang dan Karimunjawa hingga akhir tahun 2022 atau tahun baru 20023 nanti.

Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas bagkan memperkirakan gelombang laut di Laut Jawa itu bisa mencapai 4 meter saat malam pergantian tahun nanti, atau Sabtu (31/12/2022).

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Kepala Stasiun BMKG Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Retno Widyaningsih, mengatakan peningkatan gelombang laut akan terjadi tiga hari berturut-turut muali dari 29-31 Desember 2022. Sedangkan untuk situasi cuaca saat ini masih ada ombak di wilayah perairan pesisir dengan ketinggian 1,25 meter hingga 2,5 meter.

“Lalu yang area lautan bagian tengah, ombaknya 4 meter. Tapi kalau pas malam harinya ketinggiannya masih bisa bertambah. Terus pada tanggal 29-31 Desember berpotensi naik lagi bisa sampai 4 meter. Khususnya di perairan Rembang, perairan Karimunjawa, perairan Kalimantan Tengah bagian selatan serta Laut Jawa,” kata Retno kepada Solopos.com, Selasa (27/12/2022).

Meningkatnya air pasang, terang Retno, dipengaruhi adanya potensi hujan yang masih sangat tinggi. Selain itu juga bersamaan dengan munculnya konvergensi angin yang ada di Laut Jawa ditambah lagi adanya fase pasang air laut yang mencapai titik tertinggi di akhir tahun ini.

Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem, BMKG Ingatkan Wisatawan yang akan ke Labuan Bajo

“Fase robnya sampai tanggal 8 Januari sesuai info dari BMKG pusat. Ketinggian robnya diprediksi bisa 1,1 meter di titik pantau Pushidros atau kalau perkiraan kita setinggi 182 sentimeter (cm). Akan ada kenaikan setengah meter atau bisa lebih. Makanya, kita langsung keluarkan peringatan dini kewaspadaan banjir rob karena ada potensi hujannya masih tinggi dan ada konvergensi angin di Laut Jawa. Serta fase pasang yang tinggi sehingga bisa meningkatkan gelombang air pasang ke daratan,” terangnya.

Lebih lanjut , bertambahnya ketinggian gelombang laut juga dibarengi dengan peningkatan air pasang di kawasan pesisir utara. Pihaknya pun telah mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi air pasang yang bakal melanda pesisir utara Jateng mulai nanti malam.

“Tanggal 27 Desember ini untuk jam 23.00 malam sampai jam 03.00 pagi ada peningkatan air pasang. Nanti informasinya akan kita perbaharui lagi. Kita akan update setiap hari,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya