SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran lahan. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng mencatat selama musim kemarau atau Juni-Juli ada sebanyak 233 kejadian bencana, di mana 156 di antaranya merupakan peristiwa kebakaran. Perinciannya pada Juni ada 121 kejadian dan Juli ada 112 kejadian.

Merujuk dari data BPBD Jateng, kejadian bencana itu terdiri dari 109 kebakaran rumah dan pemukiman, kemudian 47 kebakaran hutan dan lahan. Sementara sisanya kejadian bencana secara umum seperti angin, longsor, dan lain-lain.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Lebih jauh, kejadian bencana terbanyak ada di Kota Semarang dengan 30 kejadian. Lalu disusul Kabupaten Klaten 21 kejadian, serta Kabupaten Grobogan dan Sragen masing-masing 19 kejadian bencana, dan sisanya tersebar di daerah lain.

“Kota Semarang paling banyak [bencana]. Diikuti Soloraya di urutan kedua, ketiga, dan keempat,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Darurat BPBD Jateng, Dikki Ruli Perkasa, kepada Solopos.com, Kamis (3/8/2023).

Dia merinci kejadian kebakaran rumah atau permukiman di Jateng terbanyak terjadi di Grobogan dengan 16 kejadian. Setelah Grobogan adalah Kota Semarang dengan 13 kejadian kebakaran dan Kabupaten Semarang 10 kejadian kebakaran rumah. Sisanya di kabupaten/kota lain.

“Dalam kurun waktu tersebut, 33 rumah rusak berat, 16 rumah rusak sedang, dan 25 rumah rusak ringan,” rincinya.

Sementara kebakaran hutan dan lahan periode Juni-Juli 2023 tercatat ada sebanyak 47 kejadian. Terbanyak ada di Klaten 17 kebakaran, Sragen 9 kejadian, dan Sukoharjo 4 kejadian. Sementara sisanya di kabupaten/kota lainnya.

“Bulan Juni-Juli 2023 telah terjadi sedikitnya 47 kali kejadian kebakaran hutan dan lahan di Jawa Tengah. Dalam kurun waktu tersebut sebanyak 82,2342 hektare lahan terbakar,” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya