SOLOPOS.COM - Ketua Apindo Jateng, Frans Kongi (istimewa)

Wawancara Ketua Apindo mengungkap visi tentang kesiapan menghadapi MEA 2016.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Petahana Frans Kongi kambali terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apinpdo) Jawa Tengah periode 2015-20120 dalam Musyawarah Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Selasa (15/12/2015) petang.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Untuk mengetahui program kerja Apindo Jawa Tengah (Jateng) lima tahun ke depan, berikut wawancara wartawan kanalsemarang.com, dengan Frans Kongi di Semarang, Rabu (16/12/2015).

Kanalsemarang.com: Selamat Pak Frans Kongi atas terpilih kembali sebagai ketua Apindo Jateng

Frans Kongi (FK): Terima kasih mas

Kanalsemarang.com: Program kerja yang dilakukan?

FK: Akan melanjutkan program kerja yang telah berjalan dan belum rampung pada periode sebelumnya. Serta lebih meningkatkan pelayanan kepada anggota. Kami akan sering melakukan kunjungan ke Apindo di daerah.
Melakukan pendidikan kepada karyawan untuk meningkatkan keterampilan. Selain itu juga menjalin hubungan industrial yang harmonis dengan pemerintah dan serikat pekerja untuk mencipatakan suasana kondusif di Jateng

Kanalsemarang.com: Berapa jumlah anggota Apindo?
FK: Anggota Apindo Jateng sekitar 1.600 pengusaha yang tersebar di 32 cabang Apindo di kabupaten/kota.

Kanalsemarang.com: Tantangan lima tahun ke depan yang dihadapi Apindo
FK: Sebenarnya masih sama dengan sekarang, kondisi perekonomian nasional yang belum membaik karena nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat belum stabil sehingga membawa dampak di daerah.
Menurut saya pada 2016 perekonomian bisa membaik asalkan pemerintah tancap gas dengan mengeluarkan paket-paket kebijakan ekonomi yang tepat untuk industri.

Kanalsemarang.com: Bagaimana kesiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2016
FK: MEA dihadapi dengan optimitis, karena kesiapan usaha kecil dan tenaga kerja sebenarnya sudah cukup baik. Jadi tidak perlu takut menghadapi MEA.

Kanalsemarang.com: Harapan terhadap pemerintah
FK: Segera merealisasikan pembangunan trasportasi laut karena dapat menghemat logistik.
Pembangunan pelabuhan Tanjung Emas Semarang agar pengusaha di Jateng yang akan melakukan bongkar muat barang tidak harus ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya