SOLOPOS.COM - Foto dokumentasi kunjungan Presiden Ukraina Petro Poroshenko ke Candi Borobudur (tribratanewspoldajateng.com)

Wisata Jateng, salah satu objek daya tariknya adalah Candi Borobudur yang baru saja dikunjungi Presiden Ukraina, Petro Poroshenko.

Semarangpos.com, MAGELANG – Kemegahan dan keindahan Candi Borobudur sudah tidak disangsikan lagi. Keindahan candi peninggalan Dinasti Syailendra itu bahkan sudah diakui oleh orang-orang dari luar negeri, tak terkecuali Presiden Ukraina, Petro Poroshenko.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Poroshenko yang berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang, Sabtu (6/8/2016) mengaku sangat terkesima dengan kemegahan Candi Boroburu dan keunikan bentuk relief yang terpahat di dinding candi Buddha terbesar di dunia itu.

Saking kagumnya, orang nomor satu di Ukraina itu bahkan terlihat beberapa kali berfoto self photography (selfie) di dekat stupa utama Candi Borobudur.

Pemandu Balai Konservasi Borobudur (BKB), Panggah Ardiansyah, bersaksi selama mengelilingi Candi Borobudur,  Poroshenko acap kali membandingkan candi tersebut dengan candi Buddha lainnya di Kamboja, yakni Angkot Wat. “Menurutnya Candi Borobudur kondisinya lebih terawat dibandingkan Angkot Wat. Selain itu, menurutnya Candi Borobudur sangat besar dan indah,” ujar Panggah dikutip dari situs resmi Pemprov Jateng, Minggu (7/8/2016).

Poroshenko datang ke Candi Boroburud ditemani istrinya, Maryna Poroshenko, dan beberapa anggota staf kepresidenan. Ia tiba di Candi Borobudur dengan disambut Wakil Gubernur (Wagub) Jateng Heru Sudjatmoko, Ketua DPRD Jateng Rukma Setiabudi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng Prasetyo Aribowo, Bupati Magelang Zaenal Arifin, serta pejabat pemerintahan lainnya.

Selain berselfie, Poroshenko juga menyempatkan berfoto bersama dengan para pejabat pemerintahan Jateng dengan latar belakang Candi Borobudur. Ia bersama rombongannya kemudian berkeliling candi dengan ditemani rombongan pejabat pemerintah Jateng.

Meski pun saat itu rintik gerimis mengguyur kawasan Borobudur, semangat Poroshenko serta rombongannya menaiki candi dari tangga dasar hingga puncak tak surut. Sambil mengamati relief candi dan stupa-stupanya, Poroshenko yang mengenakan kemeja putih dan celana jin biru tua, kerap melambakan tangan dan mengumbar senyum kepada pengunjung lain.

Kerja Sama Pariwisata
Wagub Jateng, Heru Sudjatmoko, menjelaskan kedatangan Presiden Ukraina ke Candi Borobudur itu merupakan rangkaian kunjungan kegiatan ke beberapa daerah di Tanah Air. Kunjungan itu dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia. “Kerja sana antarnegara sudah diteken Presiden Jokowi, tapi tidak menutup kemungkinan membuka inspirasi bekerja sama dengan Jawa Tengah. Oleh karena yang dikunjungi Candi Borobudur, kemungkinan kerja sama yang bisa dilakukan adalah pariwisata,” terang Heru.

Melalui kunjungan itu, Heru berharap kedua belah pihak bisa saling tukar informasi pariwisata. Apalagi saat ini tidak sedikit warga Indonesia yang berkunjung ke wilayah Eropa Timur. “Teman-teman kita sudah banyak yang ke Eropa Timur. Sehingga bagaimana supaya wisatawan dari Eropa Timur datang ke sini [Borobudur], tidak hanya ke Bali,” harap Heru.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya