SOLOPOS.COM - Desa Serang Purbalingga (Banyumasnews.com)

Wisata Jateng diharapkan akan semakin menarik dengan dukungan komitmen kuat pemerintah daerah.

Kanalsemarang.com, PURBALINGGA-Purbalingga berharap menjadi destinasi atau kota tujuan wisata utama di Jawa Tengah karena geliat pariwisata di kabupaten itu terus berkembang dari tahun ke tahun.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Harapan ini merupakan sesuatu yang realistis. Apalagi masih banyak potensi wisata yang mampu dikembangkan menjadi lebih baik lagi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Purbalingga Subeno di Purbalingga, Senin (5/10/2015).

Ia mengatakan harapan tersebut disebabkan jumlah kunjungan wisatawan ke Purbalingga dalam beberapa waktu terakhir mampu menempati peringkat kedua di Jateng.

Menurut dia, Purbalingga tinggal naik lagi untuk bisa menjadi destinasi wisata utama di Jateng sehingga harapan tersebut bukan suatu mimpi.

Selain jumlah kunjungan wisatawan, kata dia, Purbalingga masih banyak memiliki potensi wisata yang belum tergali.

“Potensi tersebut akan terus didorong melalui berbagai kegiatan lintas sektor, baik sektor budaya, pemuda, maupun pariwisata. Harapannya, potensi yang baru mampu memperkuat destinasi wisata yang sudah ada,” katanya.

Dia mengaku ingin mengemas kegiatan pariwisata, budaya, pemuda, dan olahraga menjadi satu seperti ajang pemilihan “Kakang-Mbekayu” beberapa waktu lalu.

Pemilihan “Kakang-Mbekayu” merupakan bagian dari kegiatan pariwisata yang diikuti pemuda dan mereka dapat menampilkan seni budaya yang ada.

Subeno mengatakan bahwa saat ini, pihaknya juga tengah mengembangkan secara besar-besaran potensi yang dimiliki desa wisata.

“Kami menargetkan 15 desa wisata yang akan dikembangkan dengan daya tariknya masing-masing. Dengan demikian, desa wisata diharapkan mampu menambah daya tarik wisata yang lebih beragam sehingga penduduk Jawa Tengah beramai-ramai datang ke Purbalingga,” katanya.

Penjabat Bupati Purbalingga Budi Wibowo menyatakan dukungannya terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Purbalingga.

Menurut dia, sektor pariwisata memiliki daya dukung terhadap APBD Purbalingga mencapai 7,8 persen.

“Kami berharap dengan adanya pengembangan pariwisata di Purbalingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus memberikan peningkatan daya dukung terhadap APBD Purbalingga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya