SOLOPOS.COM - Suasana gerbang Wana Wisata Penggaron yang selanjutnya dikembangkan sebagai Jateng Park. (JIBI/Bisnis.com/Dok.)

Wisata Jateng disebut kalangan DPR tak akan berkembang jika pemimpin tak punya konsep jelas.

Semarangpos.com, SEMARANG — Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih meminta pemerintah daerah melakukan inovasi sebagai upaya mengembangkan sektor pariwisata. Sektor wisata Jateng disebutnya sulit berkembang jika pemimpinnya tidak punya konsep yang jelas.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

“Dunia pariwisata susah untuk berkembang karena minimnya inovasi dalam pengembangan konsep kesejahtearaan rakyat melalui pariwisata,” katanya saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Minggu (6/11/2016). Menurut dia, pemerintah daerah di Jawa Tengah (Jateng) perlu memperhatikan konsep yang ditawarkan untuk mengoptimalkan destinasi wisata guna kesejahteraan masyarakatnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera itu mencontohkan bahwa ada salah seorang pemimpin dari daerah yang memiliki potensi wisata luar biasa dan sudah dipertemukan dengan beberapa instansi, tapi masih belum memiki konsep pengembangan yang jelas. “Kami tanya, konsepnya mana? Gak bisa kasih, ditanya datanya, jawabnya banyak,” ujar mantan wakil ketua DPRD Jawa Tengah itu.

Fikri menyebutkan, ketika pemerintah daerah tidak memiliki konsep yang jelas dalam membangun kesejahteraan masyarakat, maka akan diikuti permasalahan lain. Sumber daya alam yang melimpah dan kebudayaan yang beragam, kata dia, tidak akan berguna menjadi destinasi wisata yang menarik dan banyak dikunjungi jika pemimpinnya tidak punya konsep.

“Penguasaan dan kematangan konsep merupakan sebuah keharusan bagi pemimpin untuk mengambil sebuah keputusan, contohnya di Brebes ini mulai dari laut sampai gunung itu ada, ini potensi, tapi indeks pembangunan manusia masih terendah,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya