SOLOPOS.COM - Salah satu petilasan yang digunakan sebagai tempat ziarah di Gunung Srandil, Cilacap. (disporapar.cilacapkab.go.id)

Solopos.com, CILACAP — Meski dikenal sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Gunung Srandil sarat akan cerita misteri. Lantas, seperti apakah cerita misteri yang ada di Gunung Srandil? Berikut ulasaannya.

Gunung Srandil memiliki banyak petilasan yang menyimpan sejarah. Kawasan Gunung Srandil juga memiliki tempat berdoa bagi umat agama Islam, Hindu, Buddha, hingga penganut kepercayaan atau Kejawen.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Gunung Srandil juga kerap dikunjungi peziarah saat malam Jum’at Kliwon atau Selasa Kliwon di bulan Sura atau Muharam. Bahkan pendatangnya juga berasal dari berbagai tempat sekitar Pulau Jawa. Bahkan ada juga yang datang dari Sumatra, Kalimantan, Bali. dan Sulawesi. Lokasi Gunung Srandil berada di sebelah timur Gunung Selok, atau berada di Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Dilansir dari disporapar.cilacapkab.go.id, menurut cerita yang beredar di masyarakat dan diyakini hingga kini, putra kedua dari Dewi Sari Banon Ratu Sumenep Jawa Timur, Sultan Mukhriti adalah penghuni pertama Gunung Srandil. Kedatangan Sultan Mukhriti adalah untuk bertapa. Akan tetapi, Sultan Mukhriti murca (menghilang) dan hanya meninggalkan petilasannya yang terletak di sebelah timur yang di kenal dengan Embah Gusti Agung Sultan Mukhriti.

Petilasan-petilasan yang ada di Gunung Srandil tersebut adalah petilasan Mbah Kanjeng Gusti Agung, Nyai Dewi Tanjung Sekarsari, Kaki semar Tunggul Sabdojati Dayo amongrogo, Juragan Dampo Awang dan Petilasan Langlang Buwana yang berada di atas bukit dan petilasan Hyang Sukma Sejati.

Ki Semar

Dilansir dari beberapa sumber, beragam cerita misteri tersimpan di Gunung Srandil. Salah satunya dipercaya merupakan tempat penyebaran ajaran Islam dan merupakan pepunden tertua yang ada di Tanah Jawa. Di kawasan Gunung Srandil ini, pengunjung akan mendapati petilasan Ki Semar atau Kaki Tunggul Sabdo Jati Doyo Amung Rogo, yang diyakini sebagai leluhur di Tanah Jawa. Di bagian atasnya, terdapat sebuah tempat yang disebut sebagai Petilasan bendera Ir. Soekarno.

Pengunjung juga dapat eksplor kawasan Gunung Srandil dengan ditemani oleh juru kunci. Dengan begitu, pengunjung akan mendapatkan kisah lengkap mengenai Gunung Srandil yang banyak terdapat banyak Petilasan. Kawasan Gunung Srandil ini juga terdapat sebuah vihara yang bernama Tri Ratna, yang merupakan tempat beribadah umat Buddha. Di tempat ini pun juga ada sebuah pohon yang disebut dengan Pohon Buddha.

Banyaknya petilasan ini pun membuat Gunung Srandil di Cilacap ini pun memiliki banyak kisah misteri. Dikutip dari buku Cerita Rakyat Jawa Tengah: Kabupaten Cilacap yang diterbitkan Balai Bahasa Jawa Tengah tahun 2017, asal usul Gunung Srandil tidak bisa dilepaskan dari kisah mitologi Bima, tokoh Pandawa. Konon, Gunung Srandil merupakan serpihan dari Gunung Slamet akibat ditendang Bima yang marah dengan sosok Dorna.

Selain itu, sebagian masyarakat juga percaya jika sosok Semar atau Ki Ismoyo Jati bermukim di gunung yang terletak di pinggir pantai selatan Jawa itu. Konon siapa saja yang ingin hajatnya terkabul bisa menggelar lelaku atau bertapa di Gunung Srandil dan menjalankan ajaran Ki Ismoyo Jati. Ajaran itu tak lain adalah harus berbuat adil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya