SOLOPOS.COM - Rerimbunan pohon buah naga di Bukit Naga Jolong Pati. (Istimewa/Instagram @heritage.trip_lasem)

Solopos.com, PATI — Pati menjadi sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terus menarik perhatian sebagai destinasi wisata dengan pesona alam yang menawarkan keindahan dan keberagaman yang menakjubkan.

Kabupaten yang terkenal dengan semboyan Pati Bumi Mina Tani ini memiliki kebun buah naga di ketinggian yang diberi nama Bukit Naga Jolong. Bukit ini tengah menjadi sorotan bagi para pencinta buah naga dan pengunjung yang mencari keunikan destinasi wisata alam.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Terletak di dataran tinggi yang subur, Bukit Naga Jolong Pati memiliki daya tarik istimewa sebagai kebun buah naga yang menyambut pengunjung dengan rerimbunan tanaman buah naga.

Dilansir dari laman website jatengprov.go.id pada Sabtu (29/7/2023), pada awalnya, wilayah ini dikelola sebagai perkebunan kopi yang kemudian diubah dan dimanfaatkan menjadi perkebunan buah naga tanpa menghilangkan perkebunan kopi sebelumnya.

Masih dilansir dari laman website jatengprov.go.id, bukit naga yang dikelola PT Perkebunan Nusantara IX milik BUMN ini berdiri sekira tiga tahun yang terletak di kawasan agrowisata Jolong II, tepatnya di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati.

Dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi, untuk tiba di lokasi bukit naga memerlukan jarak tempuh sekira 15 km dengan waktu tempuh sekira 40 menit dari kota Pati.

Bukit Naga Jolong Pati bukan hanya menjadi daya tarik bagi para pencinta wisata alam. Tetapi juga menawarkan pengalaman unik dengan adanya wisata petik buah.

Ketika musim panen tiba, para pengunjung dapat menikmati aktivitas menyenangkan dengan memetik berbagai jenis buah segar yang tumbuh subur di lereng bukit. Untuk harganya sendiri disesuaikan dengan dengan harga di pasaran, bahkan cenderung di bawah harga pasaran.

Di sini, pengunjung bisa mengabadikan momen di antara tanaman buah naga atau bersama pemandangan Pati dari atas bukit.

Selain itu, disuguhkan pula luasan waduk melalui gardu pandang. Tak tanggung-tanggung, di sini pengunjung bisa menyaksikan keindahan dua waduk, yaitu Waduk Gunung Rowo dan Waduk Seloromo.

Kehadiran Bukit Naga Jolong Pati sebagai kebun buah naga telah menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang unik dan menarik. Para pencinta buah naga, pencinta alam, dan pengunjung yang ingin merasakan sensasi petik buah langsung dari pohonnya dapat menemukan kepuasan tersendiri di tempat ini.

Dilengkapi dengan panorama menawan serta hamparan hijau tumbuhan yang dilihat dari ketinggian, tempat ini cocok menjadi jujugan wisatawan yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya