SOLOPOS.COM - Kawasan Simpang Lima Kota Semarang (id.wikipedia.org)

Wisata Semarang menawarkan sejumlah tempat wisata belanja yang menarik dikunjungi untuk membeli oleh-oleh.

Semarangpos.com, SEMARANG –Kota Semarang memiliki sejumlah objek wisata belanja yang menarik dikunjungi untuk membeli oleh-oleh, mulai dari makanan, mainan ana-anak, sampai pakaian. Maka, selain mengunjungi objek wisata, jangan lupa menyempatkan belanja untuk membeli oleh-oleh sebagai buah tangan saat bertandang ke Kota Semarang.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Berikut ini tempat-tempat wisata belanja yang dihimpun Semarangpos.com dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dan berbagai sumber lain:

Pusat Oleh-Oleh Pandanaran

Pusat Oleh-Oleh Pandanaran Semarang (Twitter.com)

Pusat Oleh-Oleh Pandanaran Semarang (Twitter.com)

Pusat oleh-oleh khas kota Semarang berada di Jl. Pandanaran sekitar 300 meter dari Tugumuda dan objek wisata Lawang Sewu. Sejak pagi sampai malam, pusat oleh-oleh di Jl. Pandanaran ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Terlebih pada akhir pekan dan saat liburan penuh pengunjung.

Tempat ini merupakan surganya bagi para pecinta wisata belanja oleh-oleh di kota Semarang, karena merupakan sentra aneka makanan khas ibu kota Jawa Tengah, seperti lumpia, bandeng presto, wingko babat, dan lainnya.

Makanan lumpa yakni makanan yang di dalamnya berisi irisan rebung atau telur. Rebung adalah bambu muda. Harga bervariasi antara Rp5.000/biji sampai Rp10.000/biji.

Sedangkan bandeng presto adalah ikan bandeng berduri lunak karena dimasak menggunakan uap air bertegangan tinggi. Harga bandeng presto sangat bervariasi tergantung jenisnya yang biasa antara Rp90.000/kg sampai Rp100.000/kg dengan isi tiga sampai empat ekor bandeng. Harga bandeng presto dengan kemasan vacuum lebih mahal, yakni antara Rp110.000/kg sampai Rp150.000/kg dengan isi empat sampai lima ekor bandeng.

Sementara itu, wingko khas Semarang adalah makanan dari bahan ketan. Tersedia aneka rasa wingko, antara lain orisinal, rasa durian, pisang, nanas, dan rasa cokelat. Harga yang ditawarkan juga bervariasi antara Rp15.000 sampai Rp25.000 satu bungkus isi 20 buah.

Paragon Mall

Paragon Mall Semarang (Bisnis.com)

Paragon Mall Semarang (Bisnis.com)

Pusat belanja seluas 120.000 m2 ini terletak di Jl. Pemuda, sekitar 400 meter dari Balaikota, Kantor Wali Kota Semarang ke arah Utara. Mal yang mengusung tema lifestyle dan entertainment serta letaknya yang menyatu dengan hotel bintang lima ini menjadi magnet wisatawan yang berkunjung di ibu kota Jawa Tengah.

Sejumlah outletoutlet mulai fashion, sepatu, kuliner, cafe, sinema, optik, bakery, restauran, supermarket, fitness, salon kecantikan semua tersedia di sini.

Bandeng Juwana

Gerai Bandeng Juwana (Kaskus.co.id)

Gerai Bandeng Juwana (Kaskus.co.id)

Bandeng Juwana membuka toko di dua tempat tempat yakni kawasan Jl. Pandanaran dan Jl. Pamularsih. Di tempat ini tidak hanya menyediakan oleh-oleh makanan khas Semarang saja, tetapi juga menyediakan aneka makanan khas Jawa Tengah seperti, enting-enting gepuk, moaci, dan masih banyak lagi.

Produk andalan dari Bandeng Juwana adalah bandeng duri lunak yang diproses dari bandeng pilihan sehingga menghasilkan suatu produk yang berkualitas. Selain itu, aneka produk olahan lainnya dengan bahan dasar bandeng antara lain otak-otak bandeng, bandeng asap, bandeng goreng telur dan lainnya.

Untuk menambah kenyamanan berbelanja di Bandeng Juwana juga membuka rumah makan di lantai dua yang menyajikan berbagai macam masakan dengan bahan dasar bandeng juga semisal bandeng tauco, sate bandeng, gudeg bandeng, dan lain-lain.

Batik Jayakarta

Fashion show Batik Jayakarta (plus.google.com)

Fashion show Batik Jayakarta (plus.google.com)

Batik Jayakarta berdiri pada 29 September 2005 di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 172, Semarang. Batik Jayakarta merupakan salah satu rintisan dari Toko Djakarta yang berlokasi di Pasar Johar, Semarang. Batik Jayakarta berupaya untuk mendukung dan ikut andil dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia yakni batik.

Koleksi batik yang ditawarkan di toko ini bukan hanya dari Kota Semarang, tetapi melengkapi koleksi batik dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah, seperti batik Pekalongan, Rembang, Solo, dan Jogja. Produk yang ditawarkan kepada pengunjung adalah produk clothing, footwear, tas, aksesoris, souvenir, batik pabrik.

Untuk mengenalkan koleksi, Batik Jayakarta memanfaatkan media visual dalam bentuk presentasi dan fashion show. Langkah itu dilakukan untuk mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik modern.

Kampoeng Semarang

Situasi Kampoeng Semarang (Kampoengsemarang.com)

Situasi Kampoeng Semarang (Kampoengsemarang.com)

Kampoeng Semarang berlokasi di Jl. Raya Kaligawe No.96 Semarang, sekitar tiga km dari Bandara Ahmad Yani dan dua km dari Pelabuhan Tanjung Mas. Kampoeng Semarang seluas 4.000 m2 yang mulai dibuka Mei 2012 menjadi one stop shopping & leisure terkemuka di ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Tempat ini merupakan pusat oleh-oleh dan handicraft yang memiliki branding sebagai center of art, craft, dan culture di Semarang telah memberikan ruang kreasi dan pemasaran bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Beberapa outlet dan fasilitas disediakan oleh Kampoeng Semarang kepada pengunjung antara lain otlet webe bags, Asem Jawa Resto (restoran), Asem Arang (gallery batik), Uwoh Asem (gallery dot art), Godhong Asem (pusat oleh-oleh), Kembang Asem (pusat souvenir), Omah Asem (gallery homeware), Blink For Kids by Webe (produk anak-anak), Omah Batik, Kopi Palang, dan meeting room.

Mal Ciputra Semarang

Tampak depan Mal Ciputra Semarang (malciputrasemarang.com)

Tampak depan Mal Ciputra Semarang (malciputrasemarang.com)

Mal Ciputra Semarang terletak di lokasi paling strategis, pusat kota yakni di kawasan Simpang Lima Semarang.  Mal tiga lantai berbentuk segi enam dengan luas 20.000 m2 dan luas bangunan total 46.000 m2.

Lantai dasar digunakan untuk toko eceran (retail shop) dan supermaket. Lantai satu untuk departement store, toko eceran, kafe, mainan anak-anak, salon dan toko buku.  Di lantai dua ada bioskop Citra 21 dan departement store. Di dalam Mal Ciputra juga ada pasar swalayan Gelael, Robinson Departement Store, toko aksesoris Stroberi, restoran cepat saji seperti KFC, McDonalds, dan Pizza Hut,



Java Supermall Semarang

Java Mall Semarang (Twitter.com)

Java Mall Semarang (Twitter.com)

Java Mall Semarang merupakan salah satu pusat perbelanjaan berlokasi di Jl. Letjen MT. Haryono. Mal ini identik dengan even dan pameran, terutama pameran komputer, elektronik, dan perumahan.

Batik Semarang 16
Batik Semarang 16 terletak di  kampung Sumberejo Meteseh, Tembalang, Semarang. Angka 16 berasal dari surat ke-16 dalam Alquran, yaitu An-Nahl yang berarti lebah madu.
Batik  produksinya tetap ramah lingkungan dengan menggunakan bahan pewarnaan yang alami misalnya, jelawe, tingi, nila, kapur, tunjung, tegeran, tawas, secang, dan somba. Ciri khas karya Batik Semarang 16 yakni motif dan ragam hias yang mengambil artefak dan kekhasan Kota Semarang, seperti Lawang Sewu, Tugu Muda, dan lainnya.

Omah Herborist

Omah Herborist Semarang (Twitter.com)

Omah Herborist Semarang (Twitter.com)

Omah Herborist berlokasi di Kawasan Industri Candi Blok 5A /8, Ngalian Semarang.  Di tempat ini, di samping dapat berbelanja produk perawatan kecantikan dengan harga murah, juga dapat melihat museum mini yang memamerkan sejumlah warisan sejarah herbal dan bahan alami untuk kecantikan dan perawatan tubuh.

Ada juga factory visit atau kunjungan proses produksi Herborist Beauty by Nature, pemutaran film pendek, showroom yang menyediakan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh berbahan alami, demo spa corner, dan beauty cafe yang dapat dinikmati pengunjung.

 



KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya