SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Wisata Semarang juga memiliki objek-objek wisata alam yang menarik.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Bila berkunjung ke Kota Semarang jangan lewatkan untuk mengunjungi obyek wisata alam yang di ibu kota Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Ya, di Semarang dan sekitarnya ada objek wisata masih alami yang layak untuk dikunjungi bersama keluarga saat liburan guna bersantai melepaskan kepenatan dari rutinitas kerja.  Berikut 10 obyek wisata alami yang dihimpun kanalsemarang.com dari berbagai sumber.

1. Pantai Baron
Lokasi Pantai Maron berada di Semarang bagian barat, tidak jauh dari Bandara Internasional Ahmad Yani.
Pantai ini langsung terhubung dengan lautan lepas, di pinggirnya berpasir sehingga bisa digunakan bermain anak-anak.
Untuk mencapai pantai bisa ditempuh dengan jalan kaki atau menggunakan kendaraan. Harga tiket masuk Pantai Maron Rp3.000 per orang.

2. Pantai Tirang
Pantai ini terletak Tambakrejo, tidak jauh dari Pantai Maron. Di tempat ini selain dapat bermain di pantai juga dapat menyaksikan budidaya rumput laut yang dilakukan warga setempat.
Tidak ada tiket resmi untuk masuk ke Pantai Tirang ini, hanya dikenai retribusi Rp4.000 untuk satu kendaraan bermotor.

3.Kampoeng Wisata Taman Lele
Masih di Semarang bagian barat ada tempat wisata alami lainnya yakni Kampoeng Wisata Taman Lele tepatnya di jalan Raya Walisongo KM 10. Disebut taman lele karena dulunya di sebuah kolam di sana ada lele ukuran cukup besar. Di tengah rindangnya pepohon ada kebun binatang mini. Di sana juga ada kolam renang, danau buatan, taman bermain anak, gazebo, dan penginapan.
Harga tiket masuk pada Senin-Sabtu Rp3.000 per orang dan hari Minggu Rp Rp3.500 per orang.

4. Pantai Marina
Pantai ini berlokasi didekat kawasan Pekan Raya Promosi Pembangunan (PRPP) Tawang Emas.
Di tempat wisata pantai ini bisa ciblon dan berenang di laut dengan ke dalaman sekitar 1.5 meter. Jangan khawatir kotor karena ada tempat pembilasan. Tiket masuk Rp3.000 per orang.

5. Gua Kreo
Tempat wisata ini terletak di Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Pengunjung akan menjumpai puluhan kera berekor panjang yang berkeliaran di jalanan.
Kera-kera tersebut merupakan penghuni Goa Kreo yang konon masih ada hubunganya dengan Sunan Kalijaga.
Kera itu tidak mengganggu pengunjung. Bahkan senang bila mendapatkan makanan kacang yang bisa dibeli dari pedagang di sana.
Tiket masuknya Rp2.500 per orang.

6. Wana Wisata Penggaron
Bila menginginkan wisata hutan, bisa meluncur ke wana wisata Penggaron di Desa Susukan Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang sekitar 20 km dari Kota Semarang.  Wana wisata yang dikelola Perum Perhutani Jawa Tengah ini banyak ditumbuhi pohon besar, seperti pinus, sengon dan lainnya. Tiket masuk Rp5.000 per orang.

7. Umbul Sidomukti
Masih di Kabupaten Semarang, tepatnya di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan terdapat umbul Sidomukti yang berada di puncak pegunungan. Di tempat ini ada kolam dengan air yang jernih dengan pemandangan alam sangat menawan.
Juga tersedia outbond training, flaying fox melintasi antarlembah sehingga memicu andrelin dan aneka permainan menantang lainnya.
Tiket masuk hari biasa Senin-Jumat Rp4.000 per orang dan hari Sabtu, Minggu, dan hari libur Rp5.000 per orang.

8. Rawa Pening
Obyek wisata ini masih berlokasi di Semarang, tepatnya di Banyubiru Ambarawa berbatasan dengan Salatiga. Pengunjung bisa naik perahu mengelilingi rawa, memancing. Di sini juga ada pusat kerajinan eceng gondok serta tempat permainan anak. Tiket masuk Rp3.000 per orang.
Silahkan tinggal memilih obyek wisata alam mana yang akan dikunjungi sesuai selera.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya