SOLOPOS.COM - Rektor UIN Salatiga Prof Zakiyuddin saat memindahkan tali toga wisudawan UIN Salatiga Sabtu (29/7/2023). (Istimewa/UIN Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA – Universitas Islam Negeri Salatiga menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-53 dan Wisuda ke-3 di Gedung Auditorium dan Student Center Kampus III, Sabtu (29/7/2023). Dalam acara tersebut Rektor Salatiga, Prof Zakiyuddin Baidhawy, melepas 662 wisudawan serta meresmikan dua gedung baru.

Rektor UIN Salatiga dalam sambutannya mengatakan bahwa UIN Salatiga akan terus berupaya mendukung mahasiswa untuk berkarya agar bisa meraih prestasi tertinggi di bidang akademik dan non-akademik.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

”Selain menambah fasilitas-fasilitas fisik, kami akan terus mengembangkan kompetensi SDM dan kompetensi di bidang non-fisik lainnya. Upaya itu kami tempuh untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa,” kata Rektor.

Prof Zakiyuddin menilai UIN Salatiga telah melewati banyak hal dan meraih berbagai capaian dengan dukungan semua pihak. Seperti dibukanya beberapa prodi bidang sains dan teknologi seperti Prodi Teknologi Informasi, Bisnis Digital, Sains Data, serta Perpustakaan dan Sains Informasi.

Selain itu, Rektor UIN Salatiga membeberkan rencana yang akan direalisasikan dalam waktu dekat ini akan mendorong internasionalisasi dan mobilitas civitas academica. “Selain itu, dalam waktu dekat kami juga akan memulai program bantuan untuk anak-anak pekerja migran yang bekerja di Malaysia. Semoga dari itu, kami bisa memberikan lebih banyak manfaat kepada masyarakat,” ungkap Prof Zakiyuddin.

Ketua Panitia Wisuda, Prof. Muh. Saerozi, dalam laporannya menyampaikan bahwa Wisuda III UIN Salatiga diikuti oleh 662 wisudawan. Sebanyak 60 wisudawan lulus dari program pascasarjana strata dua, dan 602 wisudawan lulus dari program sarjana strata satu.

Wisudawan

Perinciannya, 224 wisudawan dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 158 wisudawan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan 161 wisudawan dari Fakultas Dakwah. Sedangkan wisudawan dari Fakultas Syariah ada 93 orang, serta 26 wisudawan lainnya dari Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa sejak berstatus sebagai Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo hingga saat ini, UIN Salatiga telah mewisuda sebanyak 20.304 mahasiswa yang tersebar di berbagai tempat. Pada kesempatan itu, UIN Salatiga juga memberikan apresiasi kepada 27 mahasiswa berprestasi bidang akademik dan 14 mahasiswa berprestasi bidang non-akademik.

Dalam acara wisuda ke-3 ini, UIN Salatiga juga meresmikan dua gedung baru, yaitu gedung Auditorium dan Student Center serta gedung perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Gedung Auditorium dan Student Center diberi nama Gedung Prof. Dr. H. Achmadi untuk mengenang Ketua pertama STAIN Salatiga. Sedangkan gedung perkuliahan FEBI diberi nama Gedung K.H. Zubair Umar Al Jaelani; seorang ulama asal Salatiga yang juga merupakan rektor pertama IAIN Walisongo.

“Semoga penamaan gedung perkuliahan FEBI dengan nama Prof. Dr. Achmadi dapat menularkan semangatnya dalam menebar kebaikan,” harap Arif Jatmiko, putra pertama dari Prof. Dr. Achmadi.

Hal serupa juga disampaikan oleh perwakilan keluarga KH. Zubair Umar Al-Jaelani, Hj. Rosidah. Dirinya berharap perjuangan yang telah dimulai oleh KH. Zubair dapat diteruskan dan UIN Salatiga menjadi semakin maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya