SOLOPOS.COM - Pemerintah Kabupaten Wonosobo mendapatkan 18 penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Selasa (24/10/2023). (wonosobokab.go.id)

Solopos.com, WONOSOBO-Pemerintah Kabupaten Wonosobo mendapatkan 18 penghargaan Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Selasa (24/10/2023) di Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta.

Sejumlah penghargaan Program Kampung Iklim itu antara lain Piagam Apresiasi Pembinaan ProKlim kepada Bupati Wonosobo, trofi Proklim Lestari 2023 kepada Dusun Kalimendong Desa Kalimendong Leksono dan  Proklim Utama 2023 kepada Dusun Gondang Desa Gondang Watumalang dan 15 Piagam Proklim Utama untuk dusun, desa, kelurahan dan RW.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam arahannya menyampaikan Penganugrahan Proklim 2023 sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan Proklim.

“Program Kampung Iklim [Proklim] merupakan kegiatan yang memadukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim pada tingkat tapak dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat dan berbagai pihak, seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha, perguruan tinggi dan lembaga non-pemerintah,” jelasnya dikutip dari wonosobokab.go.id pada Kamis (26/10/2023).

Sementara itu, atas keberhasilan meraih penghargaan Proklim ini Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menegaskan bahwa upaya pengendalian perubahan iklim di Kabupaten Wonosobo terus digalakkan dengan melibatkan berbagai pihak, mengingat urusan lingkungan bukan hanya permasalahan personal, tetapi tanggungjawab bersama.

“Sungguh membanggakan, ada 18 penggiat lingkungan di Wonosobo mendapat penghargaan Proklim. Ini merupakan capaian kita bersama, kami sangat mengapresiasi proses perjuangan teman-teman, semoga apa yang telah diraih bisa terus ditingkatkan,” ungkap Bupati.

Menurutnya, diperlukan partisipasi semua pihak untuk pengendalian perubahan iklim. Maka Wonosobo senantiasa berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, dengan melakukan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

“RW, desa dan kelurahan yang mendapat penghargaan ProKlim harus terus bertambah. Dan tentunya bukan bukan hanya sekedar mendapat penghargaan, tetapi tujuan utamanya untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo Endang Lisdiyaningsih menambahkan Pemkab terus mendorong agar semua desa/dusun/kelurahan mampu menjadi Kampung Iklim. Sebab dari pengalaman sebelumnya, lingkungan yang sudah memperoleh predikat Kampung Iklim memiliki semangat dalam mewujudkan adaptasi mitigasi iklim di wilayahnya.

Menurut Endang, dusun atau desa di Wonosobo yang telah meraih penghargaan Proklim dari Kementerian LHK bisa menjadi model dan percontohan untuk desa-desa lain.

“Capaian ini tentu tidak lepas dari bimbingan dan arahan Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati dan Pak Sekda atas upaya perlindungan lingkungan Kabupaten Wonosobo, khususnya pada fungsi konservasi pada DAS hulu yang menjadi indikator target capaian pembangunan lingkungan, di antaranya Proklim atau Program Kampung Iklim yg merupakan kawasan desa/kelurahan dan dusun yang terbiasa dalam kesehariannya beradaptasi, mitigasi terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Menurut Endang, Dusun Kalimendong Desa Kalimendong Kecamatan Leksono, dua tahun berturut-turut di 2022 dan 2023 mendapatkan penghargaan Trophy Proklim Lestari, karena dengan posisi Wonosobo yang merupakan daerah tangkapan air bagi kelestarian sumber daya air Kabupaten di bawahnya.

“Lingkungan terjaga ekonomi lestari dan meningkat, maka Kita perlu bersama bertanggung jawab mewariskan bumi ini pada anak cucu dengan kondisi kualitas yang sama bahkan lebih baik, salam lestari,” tutup Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya