SOLOPOS.COM - Ilustrasi angin puting beliung. (Freepik.com)

Solopos.com, UNGARAN — Angin puting beliung atau tornado muncul di kawasan Danau Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (8/6/2022) pagi. Kemunculan angin puting beliung atau tornado ini bahkan sempat terekam kamera video dan tersebar di media sosial (medsos) hingga viral.

Salah satu akun yang membagikan video penampakan angin puting beliung atau tornado di Rawa Pening ini adalah akun Instagram @kejadiansmg.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Pagi tadi lur di Rawapening Ambarawa, terjadi Tornado a.k.a Puting Beliung menyerang peraiaran danau, beberapa gubuk terkena hantaman angin. Hati hati lur, tetep fokus lan waspada. 08.06.2022,” tulis akun @kejadiansmg, Rabu (8/6/2022).

Dalam video yang diunggah itu, terlihat penampakan angin puting beliung atau tornado yang muncul di atas Rawa Pening. Pusaran angin berwarna hitam itu terlihat tidak terlalu besar. Kendati demikian, kemunculan angin puting beliung itu cukup membuat gubuk dan galangan milik nelayan di danau alam seluas 2.670 hektare itu.

Gubuk doyong disapu angin puting beliung ki loh. Ancur kabeh. Pie ki pak? Galangan melendep [Gubuk goyang disapu angin puting beliung. Hancur semua. Bagaimana ini pak. Galangan amblas],” ujar perekam video tersebut.

Baca juga: Asal-Usul Rawa Pening Semarang: Bermula dari Kutukan Ular Naga?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Info Kejadian Semarang (@kejadiansmg)

Video yang menunjukkan penampakan angin puting beliung di Rawa Pening ini pun mendapat respons beragam dari warganet. Banyak warganet yang mendoakan agar kejadian angin puting beliung itu tidak menimbulkan dampak yang signifikan, terutama korban jiwa.

Ngeri juga lihatnya ? Semoga tidak ada korban jiwa,” tulis akun @stephannymaria7.

“serottaun ..kl gk salah,” sambung akun @rach.andi_evacismg.

Baca juga: 28 Rumah di Jebres Solo Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

“Sorotaun,” imbuh akun @elvizaragungnugroho.

“Tondo2 ketigo segera datang,” respons akun @issaadeputra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya